Unik, Kamar Mayat di Rumah Sakit Ini Ceria Banget

TrubusNews
Syahroni | Followers 0
  :

Komentar

Trubus.id -- Seram. Mungkin itulah kesan pertama ketika orang mendengar kata kamar mayat atau kamar jenazah. Yah, kesan itu memang tidak bisa dipisahkan dengan ruangan yang berfungsi menampung orang-orang tak bernyawa di rumah sakit. Lokasinya yang kerap tersembunyi, juga semakin menambah angker tempat satu ini.

Namun demikian, kesan anker tidak ditemui ketika Anda mendatangi kamar mayat di RSUD Pandan Arang Boyolali. Di sini, kamar mayatnya beda dengan kamar mayat lainnya di rumah sakit manapun. Tidak ada kesan anker sama sekali. Bahkan karena hal itupula, lokasi kamar mayat ini tidak diletakkan di belakang rumah sakit.

Yah, di RSUD Pandan Arang Boyolali, kamar mayat dibangun sedemikian rupa hingga menghilangkan kesan ankernya. Dibangun dengan menggunakan tiga buah kontainer, kamar mayat di rumah sakit milik Pemkab Boyolali ini di cat warna warni. Ruangan tempat menyimpan mayat ini juga ditempatkan di bagian depan rumah sakit. Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya, membuat ruangan ini terlihat jelas. 

Kamar mayat ini sendiri selesai dibangun akhir tahun 2017 dengan anggaran Rp 250 juta. Namun desainnya yang berbeda, membuatnya jadi terkesan gaul dan trendi. 

"Mungkin kamar mayat ini merupakan kamar jenazah terunik dan tergaul. Karena konsepnya dibuat cerah dan tidak seram maupun menakutkan," kata Direktur RSUD Pandan Arang, Boyolali, Siti Nur Rohmah, Kamis (7/2).

Menurut dia, bahwa konsep dari pembangunan kamar jenazah tersebut berasal dari ide Bupati Boyolali, Seno Samodro. Dibangun dari kontainer dengan cat yang warna warni dan dimoninasi warna cerah. 

Ada tiga kontainer. Dua di bawah dengan posisi sejajar namun yang satu menjorok maju. Satu kontainer lagi ditaruh di atasnya dengan posisi melintang. Tak hanya bagian luar saja yang dipercantik, namun ruangan di dalamnya juga sudah tidak terlihat kalau bangunannya dari kontainer. 

Di atasnya diberi plafon dan dindingnya dilapisi papan motif kayu. Kamar mayat itu juga dilengkapi mortuary cabinet atau lemari pendingin jenazah sebanyak dua buah di lantai bawah. Juga tempat memandikan dan mengkafani jenazah.

Siti mengatakan, kamar jenazah itu sudah difungsikan sejak Sabtu (3/2) lalu. Kasi Pelayanan Penunjang Medik RSUD Pandan Arang, Yuni Astuti Uswatun Hasanah, menambahkan kamar mayat ini sudah memenuhi standar kelayakan. Lebih layak dibanding yang lama karena sudah dilengkapi dengan kantor untuk urusan administrasi. 

Sementara itu Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengklaim kamar jenazah yang unik ini pertama kalinya di Indonesia. 

"Sekecil ini juga inovasi, pertama kali di Indonesia sebuah kamar mayat dibangun dari kontainer. Yang tidak tahu bisa dikira itu kafe atau karaoke. Ini kamar mayat, sehingga orang lewat itu tidak ada kesan takut," kata Seno. [RN]

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: