Terkikis Abrasi, Nasib 20 Rumah di Bengkulu Mengkhawatirkan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
16 April 2018   15:30

Komentar
Terkikis Abrasi, Nasib 20 Rumah di Bengkulu Mengkhawatirkan

Ilustrasi abrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Dampak dari pembangunan pelabuhan khusus batubara di Bengkulu mengakibatkan 20 rumah di Desa Kota Bani, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, terancam tergerus abrasi laut yang semakin ekstrem.

“Kondisi ini membuat sejumlah rumah ambruk, sedangkan 20 rumah lainnya tinggal menunggu waktu dimakan laut,” ujar Ediyanto alah seorang warga Desa Kota Bani di Bengkulu, Senin (16/4).

Kondisi ini juga mengakibatkan puluhan hektare kebun milik warga juga terancam tergerus abrasi laut. Lebih lanjut Edi mengatakan kondisi ini telah terjadi setahun belakangan semakin mengkhawatirkan.

Baca Lainnya: Lahan Konservasi Tergerus Abrasi, Begini Kondisinya

Akibat kondisi tersebut, masyarakat setempat telah melapor ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bengkulu guna mencari solusi sehingga abrasi dapat diminimalisir.

“Kami sudah melapor, sudah ada pertemuan juga tapi sampai saat ini belum ada tindakan di lapangan,” tuturnya.

Menurut warga setempat, pengerukan pasir guna kepentingan pelabuhan khusus batubara menjadi pemicu utama percepatan terjadinya abrasi yang kian ekstrem.

Sebagaimana diketahui, pelabuhan tersebut telah beroperasi sejak 2013 lalu telah mengakibatkan area di sekitar pesisir ambles sepanjang 1,5 kilometer dengan lebar 50 meter. Kondisi tersebut membuat 125 kepala keluarga (KK) mengalami kerugian besar karena kehilangan lahan berkebun.

Baca Lainnya: Abrasi Mulai Mengancam Pulau Moti, Pemkot Ternate Diam

“Kami melihat tidak ada tindakan pemerintah untuk menyelesaikan masalah ini, karena belum ada tindakan sama sekali,” ungkapnya.

Jika tidak dilakukan tindakan juga, para warga berencana akan melaporkan dugaan pelanggaran dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan pelabuhan tersebut ke Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: