Suhu Udara di Sumbar Semakin Panas, Ini Penjelasan BMKG

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
13 Feb 2018   16:00

Komentar
Suhu Udara di Sumbar Semakin Panas, Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa waktu belakangan, intensitas hujan turun disertai meningkatkannya suhu panas terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Barat. Dampaknya, suhu udara di sana menjadi cukup panas tak seperti biasa.

Namun demikian, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ketaping Padang Pariaman, Sumatera Barat menyebut, suhu panas yang kini terjadi di wilayah tersebut belum masuk ke dalam karegori ekstrem. Meski begitu, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

Baca Lainnya: Wilayah Australia Alami Musim Panas Yang Ekstrem

“Senin kemarin suhu di wilayah tersebut mencapai 34,6 derajat Celcius, suhu yang masuk ke dalam kategori ekstrem jika telah mencapai lebih dari 37 derejat Celcius,” terang Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Samiadji di Padang, Selasa (13/2).

Meski suhu belum mencapai 37 derajat Celcius, ia juga menyarankan masyarakat untuk mewaspadai gejala dehidrasi akibat cuaca terik. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk memperbanyak minum dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Lebih lanjut Budi mengatakan dalam beberapa hari ke depan diperkirakan cuaca terik masih akan terjadi. Hal ini terjadi karena kondisi atmosfer di provinsi tersebut pada Februari hingga Maret mendatang sudah mulai memasuki musim panas.

Baca Lainnya: Cuaca Ekstrem Terjang Melbourne Hingga Victoria

"Secara umum kondisi cuaca yang terjadi di Sumatera Barat cerah berawan tapi terjadi peningkatan suhu udara,” tambahnya.

Budi juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran baik di lahan ataupun hutan yang dapat menyebabkan kebakaran. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa cuaca panas membuat hutan dan lahan kering dan mudah terbakar.

“Saat cuaca terik sangat mudah memicu kebakaran hutan, terlebih lagi jika disertai dengan angin kencang,” tuturnya. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: