Setelah Videonya Viral, Pelaku yang Membuang Sampah Sembarangan Dihukum Membersihkan Sungai

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
29 Okt 2017   19:00

Komentar
Setelah Videonya Viral, Pelaku yang Membuang Sampah Sembarangan Dihukum Membersihkan Sungai

Kedua pelaku dihukum membersihkan sampah di sungai Pandasari, Jawa Tengah. (Foto : Foto: Dok. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah)

Trubus.id -- Baru-baru ini, warganet dikejutkan dengan rekaman video yang beredar di Facebook. Video yang memperlihatkan dua orang pria dengan santainya membuang karung sampah di Sungai Pandasari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Video berdurasi 3 menit 38 detik itu merekam dua orang pria yang ada di atas mobil terbuka. Mereka melemparkan berkarung-karung sampah sisa sayuran ke sungai. Aksi mereka pun ditegur oleh seorang perempuan yang juga anggota DPD RI Denty Eka. Namun, kedua pelaku tidak menggubris dan tetap melakukan aksinya. Mereka bahkan mengancam orang yang merekam kejadian itu.

Setelah video tersebut menjadi viral, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat merespon kejadian tersebut dengan cepat. Usai dimintai keterangan, kedua pelaku dimintai diharuskan membersihkan sungai dari sampah, disaksikan aparat berwajib.

“Mereka mengakui perbuatannya. Sebagai hukuman, mereka harus membersihkan sungai sampai bersih. Sejak Jumat lalu, mereka sudah mulai membersihkan sungai, kata Kepala DLH Temanggung, Agus Prasojo.

Lebih lanjut, para pelaku juga menandatangani surat pernyataan bermaterai untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama di kemudian hari. Sungai Pandasari diketahui menjadi tempat favorit masyarakat untuk membuang sampah. Itu karena tidak tersedianya tempat pengelolaan sampah desa.

Kejadian seperti ini seharusnya menjadi pembelajaran dan perhatian semua pihak. Kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan harus dipupuk sedini mungkin, sehingga nantinya tidak muncul pelaku serupa. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: