Seniman Ubah Limbah Elektronik Jadi Patung-Patung Instagenik

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
06 Mar 2018   14:00

Komentar
Seniman Ubah Limbah Elektronik Jadi Patung-Patung Instagenik

Sampah elektronik yang diubah jadi instalasi seni (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Di era digital, konsumsi komputer terus meningkat.  Akibatnya sampah elektronik makin banyak. Setiap hari, 142.000 komputer dibuang di Amerika Serikat

Karena barang-barang itu gampang sekali basi atau ketinggalan jaman, baik model maupun teknologinya. Hal ini mendorong para pengguna untuk terus meng:upgrade" peralatan yang dimilikinya.

Lalu dibuang kemana barang-barang elektronik yang sudah tidak dipakai lagi? 

Seorang fotografer sekaligus seniman, Vin Wong telah mengubah 1859.7287 kilogram sampah elektronik menjadi patung-patung yang ikonik. Tujuan besar proyek ini adalah untuk menginspirasi orang-orang untuk mendaur ulang sampah elektroniknya. 

Menurutnya, saat ini limbah elektronik adalah limbah kota yang paling cepat berkembang di dunia. Jumlah itu jauh lebih tinggi dari yang diduga sebelumnya. Dan satu-satunya cara untuk mencari solusi adalah membuat orang banyak lebih aware terhadap sampah elektronik.  

Von Bekerjasama dengan perusahaan produsen komputer dan menciptakan program “Closed Loop Recycling Process“. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengurangi limbah dan mendorong  orang melakukan daur ulang.

Langkah pertama yang dilakukan Von adalah menunjukkan bagaimana sampah elektronik masa lalu memiliki potensi yang bisa  memperkuat perangkat untuk masa depan.

Ia pun lalu mendatangkan 50 sukarelawan untuk membantu memilah semua bahan-bahan yang berupa limbah elektronik. Dia menemukan relawan daridi Facebook, Twitter dan Instagram. Tak menunggu lama, relawan sebanyak itu langsung terpenuhi. Hebatnya para relawan mampu bekerja selama 10 jam sehari termasuk di hari weekend.

Dengan peralatan sederhana, cat dan kayu mereka mencipta karya seni yang sangat menakjubkan. Limbah elektronik itu berubah menjadi patung-patung artistik yang sangat menarik. 

Jadi kalau punya limbah atau baang tak terpakai, jangan dulu dibuang ya, ubah mereka menjadi karya seni yang memukau. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: