Sejumlah Wilayah Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
15 Mei 2018   20:15

Komentar
Sejumlah Wilayah Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla

Apel siaga Karhutla. (Foto : Foto: Doc/ Dalkarhutla)

Trubus.id -- Dalam rangka meningkatkan komitmen dan sinergi pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, menyelenggarakan Apel Siaga Pencegahan dan Kesiapsiagaan Karhutla Kabupatan Pulang Pisau.

Dalam apel yang digelar di Stadion HM sanusi, Senin (14/5) kemarin itu, Bupati Pulang Pisau, Muhammad Hatta menghimbau kepada peserta apel agar upaya pencegahan karhutla dapat dilaksanakan sedini mungkin dengan melibatkan semua unsur seperti TNI, POLRI, Manggala Agni, Pemkab sampai tingkat desa, unit-unit usaha, dan juga organisasi kemasyarakatan.

Baca Lainnya: Antisipasi Karhutla Musim Kemarau, Ini Skenario Pemerintah

“Diharapkan para pihak ini membangun sinergi dan secara terpadu melakukan pencegahan karhutla di tingkat tapak,”, ujar Hatta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/5).

Pada kesempatan tersebut, turut disiagakan peralatan dan kendaraan pemadaman seperti 12 unit mobil satgas karhutla, 20 unit kendaraan roda 2, 8 unit mesin pemadam, serta beberapa set peralatan tangan.

Dalam kesempatan itu, turut dilakukan simulasi penanganan karhutla yang diikuti semua peserta yang terdiri dari anggota TNI, Polisi, Satpol PP, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Tagana, Dinas Perhubungan, Damkar BPBD Pulang Pisau, serta Dinas Kesehatan Pulang Pisau. 

Selain di Kabupaten Pulau Pisang, apel siaga Karhutla juga dilakukan di  Musi Banyuasin. Apel siaga diselenggarakan di lapangan PT. Hindoli Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Muba.

Bertindak selaku pimpinan apel Kapolda Sumatera Selatan dan Pangdam Sriwijaya dengan peserta apel antara lain BPBD Muba, TNI, POLRI, RPK Perkebunan/HTI, Manggala Agni, MPA, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), Pramuka, KNPI, serta Club Motor Sei Lilin. 

Usai apel, dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama para pihak dalam upaya pengendalian karhutla. Dilakukan juga pengecekan sarana pengendalian karhutla, dan diakhiri dengan simulasi pemadaman gabungan oleh Manggala Agni, TNI, POLRI, BPBD, MPA. Simulasi water bombing oleh helikopter salah satu perusahaan pemegang konsesi turut melengkapi apel tersebut.

Baca Lainnya: KLHK Tingkatkan Kapasitas Fisik dan Sarana Prasarana Pencegahan Karhutla

Bertempat di halaman Kantor Bupati Muaro Jambi, juga dilaksanakan Apel Siaga Bencana Karhutla Tingkat Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (14/05) kemarin. Dipimpin Wakil Bupati Muaro Jambi, Apel diikuti oleh TNI, Polri, BPBD Muaro Jambi, Satpol PP, Tagana, dan banyak lainnya. 

Dalam apel siaga semua sepakat dan kembali menegaskan bahwa semua pihak bertekad bersama-sama membangun koordinasi dan sinergi yang baik guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: