Sampah di Laut Bali Mengkhawatirkan, Apa yang Dilakukan Menko Kemaritiman?

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
13 Mar 2018   17:45

Komentar
Sampah di Laut Bali Mengkhawatirkan, Apa yang Dilakukan Menko Kemaritiman?

Sampah di laut Bali. (Foto : Foto: Youtube)

Trubus.id -- Belum lama ini, sebuah video yang menampakkan sampah di laut Bali jadi viral di dunia maya. Menanggapi video yang direkam wisatawan mancanegara itu, Selasa (13/3) siang, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya untuk membahas permasalahan sampah di laut Bali.

Luhut mengatakan, permasalahan sampah sudah menjadi masalah besar di Bali. Ia juga menyebut jika dalam sehari, Bali memproduksi hingga 3.000 ton sampah.

Baca Lainnya: Penyelam Asal Inggris Temukan Sampah Plastik Berserakan di Laut Bali

"Sampah sudah jadi masalah besar. Misalnya Bali, bisa menghasilkan sampah sampai 3.000 ton per hari atau lebih, 4.000 ton. Sampah itu juga lewat dari utara, kemarin ramai diviralkan itu, tapi sehari kemudian sudah tidak ada," jelas Luhut di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Selasa (13/3).

Luhut melanjutkan, permasalahan sampah tidak dibiarkan begitu saja. Terlebih, pada bulan Februari hingga Oktober sampah di Bali disebutkan sedang parah-parahnya.

"Tadi Bupati Badung bilang, bulan Februari sampai Oktober itu sampah paling parah di Bali daerah Kuta dan Nusa Dua," imbuhnya.

Baca Lainnya: 80 Persen Sampah Laut Berasal dari Daratan

Untuk mengatasi permasalahan ini, Luhut menegaskan pihaknya tengah menyiapkan tim, untuk mengatasi masalah sampah tersebut. Tim itu nantinya akan fokus mengendalikan sampah hingga pada edukasi masyarakat.

"Saat ini timnya sedang bekerja, bagaimana menjaring, edukasi masyarakat. Kemudian mengolah sampah ada waste to energy, kemudian sampah plastik diubah jadi biodiesel. Dua-duanya paralel,  sekarang dijalankan," tutupnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: