Hewan Selundupan (Foto: Istimewa)

Relawan Selamatkan 4.000 Ekor Satwa Liar dari Penyelundupan

Trubus.id --  Relawan dan polisi di Provinsi Jiangxi China Timur berhasil menyelamatkan ribuan satwa  liar dari truk yang dicurigai sebagai penyelundupan. 

Sebanyak 4.300 ekor burung dan mamalia,  600 kilogram ular diselamatkan. Diantara hewan-hewan tersebut, hewan yang disita adalah jenis hewan yang dilindungi di China.

Untuk menjebak para penyelundup, para relawan menunggu di sebuah stasiun layanan jalan bebas hambatan selama dua hari. Para relawan telah mengantongi inforrmasi, sebuah truk yang mengangkut satwa liar sedang dalam perjalanan ke Provinsi Guangdong, Cina selatan.

Baca Lainnya: Terungkap, Hewan Langka Kerap jadi Santapan Mewah Saat Imlek

Kendaraan itu dihentikan oleh polisi di Nanchang di Provinsi Jiangxi pada Jumat dini hari. Tiga tersangka ditangkap.

Dalam penangkapan itu, ditemukan bermacam-macam hewan diantaranya 2,175ekor bangau, 1.370 ekor moorhens, 25 ekor musang kelapa dan beberapa babi hutan yang ditempatkan di sejumlah kandang.

Sebagian besar hewan yang diselamatkan masih hidup. Menurut seorang relawan bernama Fan,  "beberapa burung sekarat dan mati, "katanya pada media.

cgtn.com kasus ini masih dalam penyelidikan. Namun, polisi telah menyatakan bahwa ketiga tersangka  tak punya izin mengangkut hewan lair ini  secara legal. 

Undang-undang di Cina menjatuhkan hukuman berat bagi mereka yang melanggar aturan, yakni denda hingga sepuluh kali lipat dari nilai sebenarnya barang yang bersangkutan atau penjara seumur hidup.[KW]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

11%

Terinspirasi

16%

Bangga

11%

Sedih

11%

Kaget

5%

Takut

37%

Marah

11%

KOMENTAR ANDA