Proyek pembangunan tol Solo-Kertosono sesi Solo-Ngawi (Foto: Jtvmadiun)

Proyek Pembangunan Tol Bikin Irigasi Rusak, 40 Petani di Ngawi Akhirnya Bertindak

Trubus.id -- Kesabaran para petani di Desa Gending Kidul, Kecamatan Widodaren, Ngawi ini akhirnya habis juga. Pasalnya, proyek pembangunan jalan tol yang melintasi desa mereka, berdampak buruk pada lahan pertanian. 

Emosi mereka semakin memuncak tak kala irigasi pertanian mereka rusak dan tak kunjung diperbaiki. Dampaknya, pengairan di sawah mereka jadi terganggu. Akhirnya, 40 petani di desa ini langsung bertindak. 

Mereka menggelar aksi blokir akses proyek tol Solo-Kertosono sesi Solo-Ngawi. Mereka melakukan hal ini sebagai bentuk kekecewaan sekaligus menuntut pengembang proyek PT Waskita Karya untuk segera memperbaiki irigasi sawah mereka yang rusak.

"Kami minta saluran irigasi sepanjang 1 km segera diperbaiki. Juga pipa saluran air P2T 30 meter rusak pecah, kami bingung mau mengairi sawah," jelas Suwardi (50), salah satu petani, Senin (16/4).

Petani saat ini, kata Suwardi, sangat membutuhkan air untuk mengairi tanaman padi yang baru berusia 15-25 hari. Air tersebut harus segera didapat petani untuk masa pemupukan. 

"Saat ini umur padi sudah 15 sampai 25 hari dan waktunya segera dipupuk. Otomatis kalau mupuk harus ada air," terangnya.

Suwardi menambahkan, saat ini 100 hektare lahan di wilayah itu tengah membutuhkan air untuk masa pemupukan. Selain itu, petani juga menuntut infrastruktur jalan desa yang rusak karena terdampak proyek pembangunan agar segera diperbaiki. Jalan tersebut rusak akibat sering dilalui truk bermuatan berat proyek tol Ngawi-Solo.

Menurut data yang diperoleh, sudah seminggu para petani ini memberikan laporan terkait dampak kerusakan akibat pembangunan proyek itu. Namun hingga kini belum ada tanggapan dari pihak PT Waskita Karya.

Melalui aksinya kali ini, petani akhirnya berhasil menemui pihak PT Waskita Karya yang berjanji akan memperbaiki dalam satu minggu ke depan. [RN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

11%

Terinspirasi

11%

Bangga

11%

Sedih

11%

Kaget

11%

Takut

22%

Marah

22%

KOMENTAR ANDA

  • Mrs Gloria S
    20 Apr 2018

    Halo, saya Puan GLORIA Peminjam Pinjaman Swasta. Kami memberi pinjaman kepada syarikat 2% yang lebih rendah. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang, ATAU anda memerlukan pinjaman perniagaan untuk meningkatkan perniagaan anda, membayar bil anda dan meningkatkan kesuburan syarikat anda? adakah anda telah dinafikan oleh Bank dan institusi kewangan lain? kami memberikan perkhidmatan yang baik kepada individu, korporat, lelaki dan wanita perniagaan dan kami bersedia membantu orang yang bersedia menulis kepada syarikat kami dan mendaftar dengan kami dan kami akan membantu ramai orang yang secara kewangan turun. Walau bagaimanapun, Opportunity Finance berada di Langkah Pintu anda, jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel di: (gloriasloancompany@gmail.com) Atau WhatsApp Number +1 (330) 577-2856 dan dapatkan pinjaman anda hari ini. Puan Gloria S MD / Ketua Pegawai Eksekutif KEPERLUAN KREDIT MAKLUMAT YANG DIPERLUKAN: 1) Nama penuh: ............ 2) Jantina: ............ ..... 3) Umur: ........................ 4) Negara: ................. 5) Nombor Telefon: ........ 6) Kerja: .............. 7) Pendapatan: ...... 8) Jumlah Pinjaman Diperlukan: ..... 9) Tempoh pinjaman: ............... 10) Sebab untuk pinjaman: ........... 11) Adakah anda memohon dan ditolak? Kemudian ........ 12) Adakah anda bercakap bahasa Inggeris ....... Best Regard