Proyek Pembangunan Tol Bikin Irigasi Rusak, 40 Petani di Ngawi Akhirnya Bertindak

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
16 April 2018   20:15

Komentar
Proyek Pembangunan Tol Bikin Irigasi Rusak, 40 Petani di Ngawi Akhirnya Bertindak

Proyek pembangunan tol Solo-Kertosono sesi Solo-Ngawi (Foto : Foto: Jtvmadiun)

Trubus.id -- Kesabaran para petani di Desa Gending Kidul, Kecamatan Widodaren, Ngawi ini akhirnya habis juga. Pasalnya, proyek pembangunan jalan tol yang melintasi desa mereka, berdampak buruk pada lahan pertanian. 

Emosi mereka semakin memuncak tak kala irigasi pertanian mereka rusak dan tak kunjung diperbaiki. Dampaknya, pengairan di sawah mereka jadi terganggu. Akhirnya, 40 petani di desa ini langsung bertindak. 

Mereka menggelar aksi blokir akses proyek tol Solo-Kertosono sesi Solo-Ngawi. Mereka melakukan hal ini sebagai bentuk kekecewaan sekaligus menuntut pengembang proyek PT Waskita Karya untuk segera memperbaiki irigasi sawah mereka yang rusak.

"Kami minta saluran irigasi sepanjang 1 km segera diperbaiki. Juga pipa saluran air P2T 30 meter rusak pecah, kami bingung mau mengairi sawah," jelas Suwardi (50), salah satu petani, Senin (16/4).

Petani saat ini, kata Suwardi, sangat membutuhkan air untuk mengairi tanaman padi yang baru berusia 15-25 hari. Air tersebut harus segera didapat petani untuk masa pemupukan. 

"Saat ini umur padi sudah 15 sampai 25 hari dan waktunya segera dipupuk. Otomatis kalau mupuk harus ada air," terangnya.

Suwardi menambahkan, saat ini 100 hektare lahan di wilayah itu tengah membutuhkan air untuk masa pemupukan. Selain itu, petani juga menuntut infrastruktur jalan desa yang rusak karena terdampak proyek pembangunan agar segera diperbaiki. Jalan tersebut rusak akibat sering dilalui truk bermuatan berat proyek tol Ngawi-Solo.

Menurut data yang diperoleh, sudah seminggu para petani ini memberikan laporan terkait dampak kerusakan akibat pembangunan proyek itu. Namun hingga kini belum ada tanggapan dari pihak PT Waskita Karya.

Melalui aksinya kali ini, petani akhirnya berhasil menemui pihak PT Waskita Karya yang berjanji akan memperbaiki dalam satu minggu ke depan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: