Pemkab Mempawah Tetapkan Siaga Darurat Bencana Asap Hingga 30 Juni 2018

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
18 Feb 2018   14:00

Komentar
Pemkab Mempawah Tetapkan Siaga Darurat Bencana Asap Hingga 30 Juni 2018

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/ valtercirillo)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah, Kalimantan Barat menetapkan status siaga darurat bencana asap, menyusul munculnya sejumlah titik api di lahan gambut di wilayah tersebut.

"Ditetapkannya status siaga darurat bencana asap akibat Karhutla ditegaskan melalui SK Bupati Mempawah No. 85/2018," ujar pelaksana tugas (Plt) Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, Minggu (18/2).

Baca Lainnya: Cegah Karhutla Indonesia, Badan Antariksa Inggris Keluarkan Dana 40 Miliar

Lebih lanjut ia mengatakan, status siaga darurat bencana asap mulai ditetapkan sejak 13 Februari 2018 silam dan berlaku hingga 30 Juni 2018 mendatang. 

"Untuk itu saya minta pihak BPBD agar dapat memberikan kejelasan dan memetakan kawasan mana yang rawan terjadi Karhutla di Mempawah," paparnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Stasiun Klimatologi BMKG Mempawah, Wandayantolis mengatakan, dalam prakiraannya sepekan ke depan beberapa wilayah hulu Kalimantan Barat masih berpotensi turun hujan sedang. Sementara sebagian wilayah lainnya berpotensi muncul titik api.

Secara umum, potensi curah hujan di wilayah Kalbar diprediksi akan berkisar di antara 10-50 mm selama lima hari ke depan. Wilayah pesisir diperkirakan mengalami curah hujan yang lebih rendah dibandingkan wilayah hulu.

Baca Lainnya: Jokowi Tegaskan Akan Copot Kapolda dan Pangdam Jika Terjadi Karhutla

Suhu udara di Kalimantan Barat dalam lima hari ke depan diprediksi berada di kisaran 23 hingga 31 derajat celcius. Di mana wilayah pesisir lagi-lagi diperkirkan akan lebih panas dari biasanya.

Untuk itu, BMKG Mempawah mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak asap di sekitar wilayah terpantau titik api di Kalbar, terlebih dari adanya jeda hujan tersebut. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: