Pemadaman Belum Maksimal, Karhutla Tanjung Penyembal Terus Meluas

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Feb 2018   21:00

Komentar
Pemadaman Belum Maksimal, Karhutla Tanjung Penyembal Terus Meluas

Kebakaran hutan (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Tanjung Penyembal terus meluas. Hingga Kamis (15/2), api telah menjalar hingga menghanguskan lahan lebih dari 20 hektare.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai sendiri sampai saat ini masih berupaya melakukan pemadaman. Namun hasilnya belum maksimal. Sekretaris BPBD Dumai, Muhammad Ridho menyebut, kebakaran kini mulai merambah perkebunan sawit warga sejak beberapa hari belakangan.

Baca Lainnya: Hujan Sukses Usir Asap Kebakaran Hutan di Aceh

“Pemadaman api di lahan sawit dan kawasan hutan masih berlangsung,” jelas Ridho.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi terjadi akibat cuaca panas. Namun ia mengatakan bahwa sejauh ini faktor pemicu lainnya belum dapat disimpulkan.

Menurut catatan BPBD, Januari 2018 lalu di kawasan yang sama, pernah juga terjadi kebakaran. Namun kali ini, api kembali menyambangi lokasi yang sama. Hingga saat ini personel yang diturunkan untuk memadamkan api masih berupaya keras untuk memadamkan api.

Baca Lainnya: Gawat, Kebakaran Hutan di Nagan Raya Aceh Terus Meluas

Personel yang diturunkan untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut juga bantu oleh TNI, Polri, dan Manggala Agni.

Lahan hutan yang paling paling parah terdampak kebakaran yakni di kawasan Batu Bintang, Kilometer 11 Kelurahan Bukit Timah, yang diperkirakan membakar hutan seluas lima hektare.

Menangapi masalah maraknya terjadi kebakaran hutan dan lahan, BPBD selaku koordinator penanganan akan segera menggelar rapat koordinasi agar jika terjadi titik api dapat segera dilakukan pemadaman sehingga api tidak meluas dan membakar lebih banyak lagi kawasan hutan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: