Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Pantau Aktivitas Seismik, Aceh Punya Dua Stasiun Geofisika

Trubus.id -- Pelaksana harian Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie BMKG Aceh, Rilza Nur Akbar menginformasikan guna memantau aktivitas sesmik, Aceh miliki dua stasiun geofisika yang berada di Aceh Besar dan Tapaktuan di Aceh Selatan.

“Penambahan stasiun geofisika berfungsi untuk melakukan pemantauan aktivitas gempa bumi di Aceh dan sekitarnya yang merupakan pindahan dari kawasan Danau Toba,” ujar Rilza di Aceh Besar, Senin (16/4).

Status stasiun yang berada di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan sama dengan Mata Ie di Kabupaten Aceh Besar, yaitu Kelas III dan sehari-hari bertugas melakukan pemantauan geofisika.

Baca Lainnya: BMKG Ungkap Lahan Gambut di Aceh Mengering, Penyebabnya?

Penambahan stasiun geofisika ini dilakukan guna memiliki intensitas potensi kegempaan yang tinggi di Indonesia karena berada di bentangan Patahan Semangko atau Sesar Sumatera, yakni patahan gempa sepanjang 1.900 kilometer yang terbentang dari Aceh hingga Teluk Semangko di Provinsi Lampung.

Hal ini karena Aceh juga berada di dekat pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

"Gempa terjadi di Aceh, bukan cuma kami yang menganalisa. Tapi seluruh balai (BMKG) juga menganalisa. Kedepannya stasiun Tapaktuan juga menganalisa," tambahnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie, Eridawati yang mengatakan, pihaknya mencatat telah terjadi 106 gempa bumi menguncang Provinsi Aceh periode Januari sampai Maret 2018.

Baca Lainnya: BMKG: Surabaya Tengah Panas-panasnya, Tapi Hujan Badai Bisa Datang Tiba-tiba

Seperti di Januari terdapat 16 kali guncangan, lalu di Februari sekitar 38 kejadian gempa, dan terakhir Maret dengan kejadian gempa bumi sebanyak 52.

Ke-106 gempa yang terjadi juga telah dianalisa sebelumnya karena terpantau sensor gempa terpasang di Aceh dengan kekuatan magnitudo di atas dua Skala Richter. [NN]

 



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

20%

Terinspirasi

10%

Bangga

20%

Sedih

20%

Kaget

10%

Takut

10%

Marah

10%

KOMENTAR ANDA