Karhutla (Foto: Istimewa)

NTT Berpotensi Karhutla, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Trubus.id -- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang keluarkan peringatan dini adanya potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Peringatan dini dikeluarkan karena karhutla berpotensi terjadi pada April hingga Juni di wilayah NTT, di mana bulan-bulan tersebut sudah memasuki musim kemarau sehingga berpotensi terjadi karhutla,” jelas Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Bambang Setiatji di Kupang, Rabu (14/3).

Untuk itu, masyarakat NTT perlu diberikan edukasi dan pemahaman untuk tidak membakar lahan ketika musim kemarau yang dapat memicu kebakaran besar.

Seperti diketahui, sebagian besar karhutla terjadi akibat ulah manusia yang dengan sengaja membakar kawasan hutan dan lahan untuk kepentingan tertentu.

“Warga diimbau untuk menghindari membakar apapun ketika sedang berladang, karena udara yang panas di kala musim kemarau dapat memicu kebakaran,” sambungnya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa peralihan musim mulai dirasakan di Kupang dengan meningkatnya suhu udara panas hingga 35 derajat Celcius. Meski begitu, Bambang mengatakan bahwa sesekai wilayah Kupang masih turun hujan.

“Peralihan musim hujan ke musim kemarau mulai terjadi pertengahan Maret hingga awal April Mendatang,” katanya.

“Peralihan musim bisanya akan memicu terjadinya angin puting beliung, untuk itu seluruh warga diharap meningkatkan kewaspadaan,” tutup Bambang.



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

21%

Terinspirasi

13%

Bangga

13%

Sedih

17%

Kaget

13%

Takut

13%

Marah

13%

KOMENTAR ANDA