Norwegia Diskriminasikan Sawit, Indonesia Ancam Stop Impor Ikan Salmon

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
21 Mar 2018   08:00

Komentar

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Diskriminasi produk sawit asal Indonesia di Eropa terus terjadi. Kali ini hal serupa dilakukan Norwegia. Di negara tersebut, pengadaan biofuel berbasis sawit sudah mulai dihentikan.

Menanggapi langkah tersebut, pemerintah Indonesia tidak menutup kemungkinan akan mengugat kebijakan Norwegia ke World Trade Organization (WTO).

Baca Lainnya: Meski Diterpa Isu Miring, Industri Sawit Indonesia Tetap Meningkat

Tak hanya itu, sebagai langkah menjawab diskriminasi itu, pemerintah juga berencana menghentikan impor ikan dari Norwegia.

"Pak Menteri (Menteri Perdagangan) menyatakan di Norwegia sudah ada kebijakan untuk menghentikan pengadaan biofuel berbasis palm oil dan itu sudah jelas secara legal dan itu mendiskriminasikan. Tinggal itu kita menyikapi seperti apa, bisa kita gugat, bisa ke la la la. Itu salah satu alternatif bisa saja kita lihat impor dari Norwegia apa," tutur Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Oke Nurwan, di kantor Kemendag, Selasa (20/3).

Baca Lainnya: 5,3 Juta Petani Sawit Indonesia Terancam Akibat Kebijakan Uni Eropa

Ia menerangkan, salah satu komoditas impor dari Norwegia adalah ikan salmon. Jika rencana penghentian impor salmon dari Norwegia dilakukan, maka Indonesia perlu mencari negara penggantinya agar kebutuhan ikan salmon di Indonesia tidak terganggu.

"Kita carinya kan begini yang kami kaji salah satunya. Kalau kita berhenti impor ikan dari sana, alternatifnya dari mana. Kita sudah ketemu kalau salmon kan dari Chile," tutur Oke. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Menhub Budi Karya Apresiasi Petugas Perlintasan di Medan

Thomas Aquinus Krisnaldi   Peristiwa
Bagikan: