Metode Penanaman Apel ala Belanda Diterapkan di Jatim

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
07 Mar 2018   13:15

Komentar
Metode Penanaman Apel ala Belanda Diterapkan di Jatim

Pohon apel (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Metode penanaman apel yang dilakukan Pemerintah Belanda dirasa cukup efektif lantaran mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas. Tidak heran jika metode tersebut akan ditiru oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur di Bumiaji, Kota Batu.

"Kami ingin mendongkrak produktivitas apel di Kota Batu. Jadi, tidak ada salahnya mencoba metode tersebut untuk meningkatkan produktivitas hasil panen petani lokal," kata Wakil Ketua Bidang Pertanian Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto di Surabaya, Rabu (7/3).

Itulah kenapa, pihaknya telah melakukan uji coba yang sudah berlangsung selama tiga bulan di lahan perkebunan apel seluas satu hektare. Jika berhasil, petani buah akan mendapatkan apel sebanyak 40 ton.

Baca Lainnya: Beredar di Pasaran Apel Hasil Rekayasa Genetika, Apa Istimewanya?

Adik mengatakan jika metode baru ini sangat berbeda dengan penanaman apel yang biasa dilakukan petani lokal. Perbedaan tersebut ada di pengaturan daun tanaman yang dikurangi dengan cara dipotong. Ini bertujuan agar sinar matahari bisa masuk, membuat pertumbuhan apel jauh lebih baik.

“Kalau petani lokal biasanya akan membiarkan pohonnya tumbuh rimbun. Cara ini dinilai kurang efektif karena matahari tidak dapat masuk dan memengaruhi buah,” tuturnya.

Ia yakin jika uji coba akan mendapatkan hasil bagus karena kondisi tanah di lahan yang dijadikan uji coba sangat mendukung.

“Sejumlah ahli pertanian asal Belanda mengakui jika kondisi tanah di daerah Batu sudah bagus. Kami berharap, metode ini bisa berhasil,” jelasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: