Ilustrasi pedagang cabai (Foto: Istimewa)

Menjelang Imlek Harga Kebutuhan Meranjak Naik di Pekanbaru

Trubus.id -- Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengungkapkan harga berbagai jenis cabai dan bawang di pasar tradisional Pekanbaru, sejak Jumat (9/2) mengalami kenaikan menjelang perayaan hari keagamaan Imlek 2569.

"Hasil pencatatan harga yang dilakukan petugas di pasar -pasar tradisional Pekanbaru Jumat pagi mendapati ada kenaikan harga pada produk pertanian terutama yang didatangkan dari luar Riau yakni Sumbar dan Medan," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru Juarman di Pekanbaru.

Juarman mengatakan penyebab naiknya harga cabai disebabkan beberapa hal, terutama karena meningkatnya permintaan menjelang perayaan Imlek. Selain itu juga dipengaruhi oleh pasokan di sentra penghasil seperti Sumbar dan Medan mulai berkurang.

Baca Lainnya : Ini Dia Kenapa Imlek di Bali Tahun Ini Bakal Lebih Meriah

Walau ada alasan lain yang diciptakan pedagang seperti amblasnya jalan KM 70 Dusun Bukit Agung, Desa Kuok, Kabupaten Kampar, Riau Rabu (7/2/2018). Namun tidak begitu berpengaruh."Menurut hemat kami kenaikan karena memasuki akhir pekan dan menjelang Imlek permintaan meningkat," ujar Juarman.

"Amblasnya jalan kan sudah dua hari yang lalu, sementara sejauh ini pasokan masih aman. Sekarang lebih dimungkinkan pasokan disentra produksi terganggu bisa saja terjadi, " tambahnya saat menganalisa.

Dikatakan lebih jauh komiditi pertanian yang alami kenaikan mulai Jumat yakni cabai keriting, hijau dan rawit serta bawang merah dan bawang putih dan sayur buncis. Besaran kenaikan jelasnya berkisar Rp2.000-Rp8.000 per kilogram dibandingkan harga sehari sebelumnya yakni Kamis.

Contohnya harga cabai keriting asal Bukittinggi kini dipasarkan Rp44.000 per kilogram naik dari harga Rp40.000 per kilogram. Lalu cabai keriting asal Jawa juga naik sebesar Rp5.000 per kogram dari harga sebelumnya Rp30.000 per kilogram menjadi Rp35.000 per kilogram.

"Padahal tiga hari lalu harga aneka cabai sudah sempat turun, kini naik lagi karena bencana, " kata Juarman.

Baca Lainnya : Panitia : 5 Ribu Lampion Hiasi Perayaan Imlek di Kota Solo

Sementara itu harga cabai hijau justru naik signifikan mencapai Rp8.000 per kilogram, dari harga Rp30.000 kini menjadi Rp38.000 per kilogram. Selain itu cabai rawit yang biasa melambung justru hanya naik Rp2.000 perkiogram dari Rp56.000 perkilogram menjadi Rp58.000 per kilogram.

Menurutnya harga komoditi lainnya yang ikut naik adalah bawang merah dan putih dengan besaran masing-masing Rp2.000 perkilogram hingga di ecer sama Rp18.000 per kilogram.

"Harga daging ayam ras juga naik dari Rp24.000 per kilogram menjadi Rp25.000 per kilogram, begitu juga mentimun naik Rp1.000 per kilogram," katanya. [NN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

13%

Terinspirasi

13%

Bangga

20%

Sedih

13%

Kaget

13%

Takut

13%

Marah

13%

KOMENTAR ANDA