Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Masyarakat Jangan Takut Imunisasi Difteri

Trubus.id -- Sejak akhir tahun 2017 lalu, Indonesia dihebohkan dengan penyebaran virus difteri yang terjadi di masyarakat.

Peristiwa tersebut menyebabkan kepanikan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuat Kementerian Kesehatan yang diperintahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo diberi penugasan menangani masalah tersebut dengan target Indonesia bebas difteri.

Saat ini, Kementerian Kesehatan masih intensif memberikan imunisasi difteri di sejumlah kabupaten/kota yang tersebar di Indonesia. Sebagai informasi, masyarakat akan mendapatkan imunisasi difteri sebanyak tiga tahap.

Meski begitu, sejak awal tahun kemarin, Kementerian Kesehatan terus melakukan imunisasi difteri ke beberapa daerah di Indonesia. Direktur Surveilans Karantina Kesehatan, Kementerian Kesehatan Dr, Jane Soepardi mengimbau masyarakat untuk tidak takut melakukan imunisasi difteri.

Baca Lainnya : Karena Ini, Efek Seperti Keracunan Usai Imunisasi Difteri Terjadi

“Imunisasi difteri wajib dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penyakit difteri. Imunisasi tersebut juga berguna untuk membuat kekebalan tubuh pada virus tersebut,” jelasnya ketika dihubungi oleh Trubus.id, Rabu (14/2).

Lebih lanjut Dr. Jane mengatakan jika Kementerian Kesehatan wajib memberikan imunisasi difteri, dan peraturan tersebut juga tertuang dalam Undang-undang.

Dr. Jane juga mengatakan jika dalam waktu dekat ini Kementerian Kesehatan akan mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan mendatangkan Dinas kesehatan yang ada di seluruh daerah untuk menyerahkan data jumlah masyarakat yang yelah diberikan imunisasi tahap pertama ini.

“Dalam Rakor nanti sekaligus akan mendatang seberapa banyak Kemenkes telah melakukan pemberian imunisasi pada masyarakat,” tuturnya. [NN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

25%

Terinspirasi

13%

Bangga

13%

Sedih

13%

Kaget

13%

Takut

13%

Marah

13%

KOMENTAR ANDA