Keren, Petani di Jepang Pakai Cara Tak Biasa Usir Hama

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
10 Mar 2018   18:00

Komentar
Keren, Petani di Jepang Pakai Cara Tak Biasa Usir Hama

Super Monster Wolf (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Perkembangan teknologi di sektor pertanian yang dimiliki Jepang memang tidak perlu diragunan lagi. Bahkan Jepang terbilang sangat sukses menerapkan teknologi modern untuk meningkatkan produktivitas pertaniannya.

Satu lagi inovasi yang dilakukan oleh Jepang dengan menciptakan robot canggih untuk mengusir dan meminimalisir penyerangan hama pada tanaman padi dengan cara yang tidak bisa, atau bahkan tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang.

Bagaimana tidak, Jepang berhasil menciptakan robot serigala dengan wajah yang menyeramkan untuk menakut-nakuti babi hutan, rusa, atau hama lainnya yang kerap merusak tanaman padi milik petani.

Robot canggih tersebut di beri nama 'Super Monster Wolf' yang dilengkapi dengan sinar LED merah yang menyala di bagian matanya serta memiliki panjang 50 sentimeter (cm) dan panjang sekitar 65 cm.

Kecanggihan lainnya Super Monster Wolf, robot tersebut beroperasi dengan baterai yang dapat diisi dengan tenaga matahari.

Dilansir dari Independent, Sabtu (10/3), robot canggih ini dapat mendeteksi hewan yang mendekat dengan menggunakan sensor gerak. Kerennya lagi, Super Monster Wolf dapat menempuh jarak hingga setengah mil dan telah digunakan untuk berpatroli di dekat kota Kisarazu, Chiba, untuk mengusir hama.

Robot tersebut dapat menggantikan peran orang-orangan sawah dengan tatapannya yang menyeramkan dengan mata merah, robot itu juga memiliki bulu-bulu sehingga menyerupai serigala sungguhan yang menyeramkan.

Salah seorang anggota Koperasi Pertanian Jepang Chikao Umezawa mengungkapkan bahwa cara ini terbukti menurunkan jumlah tanaman yang dimakan atau diserang hewan liar dengan sangat signifikan.

Jika petani Jepang ingin memiliki Super Monster Wolf harga yang ditawarkan sekitar 514.000 yen, yang saat ini memasuki tahap produksi secara besar-besaran dan akan dijual di pasaran.

Bagimana para petani Indonesia? tertarik untuk memiliki Super Monster Wolf seperti para petani di Jepang ini? [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: