Ilustrasi (Istimewa)

Keren, Konsep Rusun Hybrid Sandiaga Berbasis Alam dan Lingkungan

Trubus.id -- Belum lama ini, wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengutarakan niatnya untuk membangun rumah susun hybrid. Rencananya, rusun hybrid itu akan dibangun di Penjaringan, Jakarta Utara untuk menggantikan tempat tinggal warga sekitar yang disebut Sandiaga kumuh miskin-kumuh padat (kumiskupat).

Menanggapi hal ini, Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup, Blessmiyanda menyebutkan, konsep dari rusun tersebut akan dibuat berbeda dengan rusun lain yang sudah dibangun pemerintah sebelumnya.

Baca Lainnya: Ubah Taman Monas, Sandiaga Ingin Seperti Central Park

Ia menyebut, Rusun hybrid nantinya akan dibangun dengan berbasis alam dan lingkungan.

"Memang konsepnya itu green building. Misalnya, seminimal mungkin tidak menggunakan listrik. Lalu tidak ada lift, kemudian air mandi bekas yang sifatnya bukan air got, akan diolah kembali untuk penyiraman taman," ujar Blessmiyanda pada awak media, Rabu (14/2).

Rusun hybrid sendiri rencananya hanya akan dibangun setinggi 5 lantai. Karena itu pengelolaanya dengan cara yang ramah lingkungan tidak terlalu rumit.

Baca Lainnya: Keseruan Sandiaga Uno Panen Anggur di Gang Hijau

Tidak hanya itu, Blessmiyanda juga mengatakan, akan ada konsep pertanian kota di rusun tersebut. Untuk pengairannya, akan langsung terintegrasi dengan pengolahan air olahan penghuni.

"Nanti ada juga konsep pertanian perkotaan. Jadi nanti ada air bersih yang dipakai mandi, cuci, kakus, atau ada juga air yang sifatnya dipakai menyiram tanaman," lanjutnya. [RN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

11%

Terinspirasi

22%

Bangga

11%

Sedih

11%

Kaget

22%

Takut

11%

Marah

11%

KOMENTAR ANDA