Jelang Bulan Puasa, Petani Sukabumi Mulai Tanam Buah-buahan Pelepas Dahaga

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
16 April 2018   18:45

Komentar
Jelang Bulan Puasa, Petani Sukabumi Mulai Tanam Buah-buahan Pelepas Dahaga

Buah Blewah. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Blewah merupakan salah satu buah yang wajib ada di setiap waktu berbuka puasa. Karena itu, kebutuhan buah ini selalu meningkat jelang Ramadhan tiba. Karena itu, untuk memenuhi permintaan pasar akan buah pelepas dahaga ini, sejumlah petani di Kabupaten Sukabumi pun mulai menanamnya.

Tak hanya blewah, buah lain yang biasa dicari untuk teman berbuka puasa seperti semangka dan melon juga sudah mulai ditanam mereka.

Baca Lainnya: Tingkat Konsumsi Sayur dan Buah di Jogja Rendah, Apa Penyebabnya?

“Para petani di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi mulai menanam buah-buahan seperti belewah, semangka, dan melon,” kata Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kecamatan Surade, H. Sahlan kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/4).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini luas area penanaman buah-buahan telah mencapai 30 persen lahan di Kabupaten Sukabumi. Sementara sisanya masih ditanami padi.

“Produk pertanian yang dihasilkan Sukabumi sebagian besar dikirim ke Jakarta, buah-buahan yang dihasilkan Sukabumi tak kalah dengan daerah lainnya,” tuturnya lagi.

Dikatakan Sahlan, menjelang bulan Ramadan banyak petani akan lebih giat menanam buah-buahan. Karena permintaanya meningkat, hal ini jelas berdampak pada penghasilan para petani di sana.

Baca Lainnya: Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

“Petani buah-buahan menyebar ke berbagai titik di bagian Selatan Sukabumi,” paparnya.

Sahlan mengungkapkan, wilayah selatan Sukabumi juga bisa menjadi potensi untuk pengebangan agrowisata. Daerah tersebut memiliki banyak produk-produk pertanian unggulan, tapi kendalanya lanjut Sahlan yanki promosinya belum berjalan optimal. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: