Jasa Logistik Berperan Dalam Pengembangan Industri Perikanan Nasional

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
12 Feb 2018   12:45

Komentar

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto : Foto: Trubus.id/Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengadakan acara Marine and Fisheries Business and Investment Forum dengan tema "Peran Jasa Logistik dalam Mendukung pengembangan Industri Perikanan Nasional". Hasil dari pertemuan ini diharapkan memberikan rekomendasi dan solusi terbaik dari berbagai pihak dalam industri perikanan nasional.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan salah satu amanat yang diemban oleh KKP adalah perbaikan distribusi dan logistik hasil perikanan dan dan penguatan daya saing  diantara melalui tiga cara. 

"Yang pertama , perluasan pelaksanaan Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN).  Selanjutnya penugasan kepada BUMN bidang perikanan untuk melaksanakan usaha industri perikanan nasional yang bersifat perintisan dan strategis di antaranya dalam bidang operator logistik seperti penyimpanan, pengangkutan,  distribusi dan pengelolaan sentra kelautan dan perikanan terpadu, "jelas Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari III,  KKP, Senin (12/2). 

Cara yang ketiga adalah pengusulan operasional kegiataan industri perikanan nasional yang bersifat rintisan dalam bentuk Public Service Obligation.

Lebih lanjut Menteri KKP mengatakan dalam rangka implementasi Instruksi Presiden nomor 7  tahun 2016  tentang percepatan pembangunan industri, KKP telah menetapkan program pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPD)  di 12 lokasi yaitu Sabang,  Mentawai,  Sebatik,  Natuna, Talaud dan Morotai, Biak,  Mimika,  Merauke,  Saumlaki,  Rote,  Ndao dan Sumba Timur yang dirancang untuk menjadi export gateway

Penguataan sistem rantai dingin untuk menjamin mutu produk perikanan juga dilakuakan melalui pengadaan berbagai sarana dan prasarana di wilayah SKPT dan beberapa wilayah potensial perikanan. Seperti pengadaan cold storage,  ice flake machine,  cool box,  chest freezer kendaraan berinsulasi dan lain-lain.


Forum ini melibatkan berbagai stakeholder terdiri dari pemerintahan pusat (KKP dan Instansi K/L terkait),  pemerintah daerah, Asosiasi,  Pelaku Jasa Keuangan , pelaku jasa logistik,  dan pelaku usaha perikanan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Menhub Budi Karya Apresiasi Petugas Perlintasan di Medan

Thomas Aquinus Krisnaldi   Peristiwa
Bagikan: