Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Jalan Retak-Retak di Kampung Berlan Jaktim, Fenomena Apa Ini?

Trubus.id -- Warga sekitar Kampung Berlan, Matraman, Jakarta Timur tengah resah. Ancaman bencana tengah mengintai mereka. Hal itu terjadi usai ditemukan jalan retak akibat pergerakan tanah di kampung mereka.

Warga khawatir, retaknya jalan memicu longsor yang bisa mengancam nyawa mereka. Apalagi sebelumnya, tembok pembatas sungai tak jauh dari pemukiman mereka juga ditemukan dalam kondisi yang sama.

Baca Lainnya: Hati-hati Yah, Pergerakan Tanah Masih Terjadi di Banjarnegara

“Kondisi jalan yang retak baru pertama kali terjadi di sini, kami takut retakan menimbulkan longsor,” jelas Ketua RW 003 Kebon Manggis Berlan, Sumiati di Matraman, Selasa (13/2).

Retakan jalan terjadi sepanjang 50 meter. Meski sudah ditambal tapi jalan tetap kembali retak. Sumiati menyebut, kondisi jalan yang retak kini kondisinya miring dan mengarah langsung ke sungai.

“Para warga takut jika kondisi ini akan menyebabkan longsor,” tegasnya lagi.

Baca Lainnya: Rusak Parah Karena Pergerakan Tanah, Rumah Tugiran Terpaksa Dibongkar

Lebih lanjut Sumiati menambahkan, jalan yang semula rata, karena terjadi retakan ini kondisinya jadi miring dan berbahaya jika dilalui. Untuk itu, pihaknya berharap masalah ini dapat segera diselesaikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Ia juga berharap Pemprov DKI tanggap agar retakan tidak bertambah lebar dan menimbulkan longsor.

“Kami berharap Pemprov DKI Jakarta segera bertindak dan melihat retakan jalan,” ungkap Sumiati.

Sementara itu, hingga saat ini para warga hanya bisa menunggu perbaikan jalan dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk melakukan perbaikan jalan tersebut. [RN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

11%

Terinspirasi

16%

Bangga

11%

Sedih

16%

Kaget

11%

Takut

16%

Marah

21%

KOMENTAR ANDA