Ini Saran LIPI untuk Pemprov DKI, Agar Jakarta Tidak Banjir Lagi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
13 Feb 2018   18:00

Komentar
Ini Saran LIPI untuk Pemprov DKI, Agar Jakarta Tidak Banjir Lagi

Ilustrasi banjir (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sejak zaman dahulu, banjir kerap menggenangi wilayah Jakarta. Namun demikian, banyak hal yang dituding menjadi penyebab banjir ini. Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adrin Tohari mengatakan, banjir yang terjadi di ibukota tak hanya dipicu oleh luapan Sungai Ciliwung saja.

Adrian menyebut, pemicu banjir salah satunya adalah akibat permukaan tanah yang semakin menurun. Karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi, Adri menyarankan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengajak warganya berhenti menggunakan air tanah secara berlebihan.

Baca Lainnya: Atasi Banjir Kaligawe, PUPR akan Pasang Pompa Permanen

“Banjir yang terjadi belum lama ini bukan hanya karena Sungai Ciliwung tak dapat menampung besarnya debit air, tapi juga karena terjadi penurunan muka tanah. Satu-satunya cara untuk menangani masalah ini dengan menyetop penggunaan pompa air tanah pada masyarakat secara berlebihan,” jelas Adrin di Jakarta, Selasa (13/2).

Sebagai jalan memenuhi kebutuhan air bersih warga, Adri menyarankan Pemprov DKI Jakarta menyediakan air bersih olahan dari PDAM. Air ini harus disuplay dengan lancar ke hotel, kawasan industri, dan juga rumah-rumah warga di Jakarta yang masih menggunakan air tanah.

Baca Lainnya: Status Siaga Darurat Banjir dan Longsor di Cianjur, Diperpanjang Sampai 31 Maret

Adrin menyebut, pemompa air dari permukaan tanah itu seperti busa. Jika air tanah terus disedot secara berlebihan semakin lama permukaan tanah akan menyusut dan membuat dataran menjadi turun secara perlahan.

“Penurunan permukaan tanah akibat pemompaan air tanah secara berlebihan sama dengan busa yang diisi air, jika busa kita tekan secara terus menerus air akan keluar, namun makin lama busa akan semakin mengecil. Ini sama dengan kondisi tanah di Jakarta,” ungkapnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: