Hirup Limbah B3 Pabrik, Warga Karawang Alami Keracunan Massal

TrubusNews
Syahroni | Followers 0
13 Feb 2018   18:45

Komentar
Hirup Limbah B3 Pabrik, Warga Karawang Alami Keracunan Massal

Gudang limbah di Ciampel, Karawang. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Akibat mencium limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), 8 warga Desa Kutamekar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat langsung keracunan. Diduga, ke-8 warga itu keracunan usai mengirup limbah B3 yang berasal dari pabrik di kawasan industri Suryacipta di sekitar kampung mereka.

Kapolsek Ciampel, AKP Ricky Adipratama mengatakan, peristiwa ini dilaporkan ke pihaknya Senin (12/2) petang. Saat kejadian, limbah batubara yang diduga milik PT Asahi di kawasan Suryacipta tengah diangkut menggunakan truk menuju tempat pengelolaan limbah rongsokan milik warga bernama Yusuf.

Baca Lainnya: Warga 6 Kecamatan di Sukabumi Terpapar Limbah Merkuri, Kok Bisa?

Saat melintasi pemukiman warga Kampung Mekar Mukti, cuaca gerimis. Akibatnya, limbah yang terkena air hujan itu mengeluarkan asap dan bau tidak sedap seperti amoniak. Akibatnya, ke 8 warga yang menghirupnya langsung mual, pusing dan muntah-muntah.

"Delapan korban keracunan itu merupakan warga Kampung Mekar Mukti Rt 02/01, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel," ujar AKP Ricky, Selasa (13/2).

Guna mencegah hal lebih parah terjadi, korban yang bernama Nia, Tarsih, Eco, Ema, Fika, Ade Salamah, Anih dan Ridwan itu langsung dilarikan keluarga mereka ke klinik Mustika tak jauh dari kediaman mereka.

Baca Lainnya: Nekat Buang Limbah ke Citarum, Pabrik Ini Ditutup Paksa KLHK

"Kondisi terakhir sebagian korban saat ini sudah membaik dan dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Sedangkan dua korban lainnya masih menjalani perawatan dan dirujuk ke rumah sakit," tambah Ricky.

Ia menambahkan, warga atas nama Nia dan Tarsih kini sedang menjalani perawatan lanjutan di RSUD. Sementara polisi sendiri kini sudah memasang garis polisi di lokasi pembuangan limbah milik Yusuf. [RN] 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: