Hidupkan 20 Juta Hektare Lahan Kering dan Rawa, Kementan Uji Coba Teknologi Ini

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
14 Mar 2018   09:00

Komentar
Hidupkan 20 Juta Hektare Lahan Kering dan Rawa, Kementan Uji Coba Teknologi Ini

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat ini, sekitar 20 juta hektare lahan kering dan rawa belum tergarap maksimal di Indonesia. Karena itu, berbagai upaya dilakukan pemerintah agar bisa memanfaatkan lahan tersebut.

Salah satu cara yang kini dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) adalah dengan menggunakan teknologi asal Jepang yang diberi nama Sheet Pipe System. Teknologi itu berupa lembaran pipa berjenis polypropylene yang mana pipa memiliki pori-pori lalu ditanam di kedalaman 40 centimeter

Setiap air yang menggenangi lahan otomatis akan diserap oleh Sheet Pipe tersebut. Air akan dialiri ke pembuangan air terdekat. Bukan hanya itu, pipa ini bisa digunakan di lahan kering. Bagian pipa paling atas dialiri air sehingga lahan menjadi basah.

Baca Lainnya: Kembangkan Lahan Kering, Balitbangtan Kenalkan Teknologi Largo Super

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Kementan, Ani Andayani mengatakan, teknologi tersebut merupakan hasil pencarian Tenaga Ahli Menteri Pertanian Budi Indra Setiawan.

“Kalau alat ini layak, prospek lahan rawa yang besar akan menjadi bagian untuk dikembangkan. Saat ini, teknologi itu sudah ada di Jepang dan Vietnam," kata Ani di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Kementan di Subang, Jawa Barat, Selasa (13/3).

Ani menambahkan, Mentan Andi Amran Sulaiman menargetkan empat juta hektare lahan kering dan rawa bisa berproduksi. Di samping itu, sesuai arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kementan harus merealisasikannya dengan teknologi.

"Untuk lahan rawa dioptimalkan itu kami perlu memikirkan. Teknologi ini sudah tiga tahun yang lalu Pak Budi cari," kata Ani. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: