Desa-desa di Pantai Cemara Terancam Hilang, Kenapa?

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
13 Mar 2018   18:15

Komentar
Desa-desa di Pantai Cemara Terancam Hilang, Kenapa?

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kawasan pesisir Pantai Cemara di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi semakin memprihatinkan. Pengikisan pantai akibat abrasi yang jadi penyebabnya. Setiap tahunnya, abrasi menyebabkan 25 meter tepian laut hancur. 

Kondisi tersebut diungkapkan oleh Organisasi lingkungan Perkumpulan Gita Buana yang mengikuti perkembangan abrasi di wilayah itu sejak beberapa tahun terakhir.

Baca Lainnya: Lahan Konservasi Tergerus Abrasi, Begini Kondisinya

“Abrasi paling parah terjadi di bibir pantai sepanjang 30 kilometer dari Desa Sungai Itik sampai Desa Sungai Cemara,” jelas Ketua Perkumpulan Gita Buana, Taufik Hidayat, di Jambi, Selasa (13/3).

Sebagai informasi, abrasi ini diakibatkan oleh letak geografis Pantai Cemara yang berada di kawasan Taman Nasional Berbak Sembilan (TNBS) Tanjungjabung Timur berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Dampaknya, ombak yang dihasilkan cukup besar dan terus menerus mengikis daratan.

“Karena berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan gelombang air cukup besar setiap hari menerjang arah pantai. Gelombang air semakin besar antara bulan November hingga Februari setiap tahunnya,” tuturnya.

Bahkan Taufik memprediksi, jika abrasi ini tidak segera dicegah, desa-desa yang berada di pesisir Pantai Cemara akan hilang karena terus tergerus abrasi.

Baca Lainnya: Abrasi Mulai Mengancam Pulau Moti, Pemkot Ternate Diam

Untuk itu, pihaknya berupaya mengantisipasi terjadinya abrasi secara terus menerus. Bahkan ia bersama beberapa pihak dalam waktu dekat ini akan melakukan sejumlah upaya penanggulangan dengan melibatkan masyarakat setempat.

Upaya penanggulangan abrasi salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk menanam mangrove di sekitar pesisir pantai yang bertujuan untuk menahan debit ombak yang langsung menghantam daratan.

“Kami akan menyiapkan 30.000 bibit mangrove yang akan ditanam di sepanjang Pantai Cemara,” ungkapnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: