Cari Harimau Berkeliaran, BKSDA Riau Terjunkan Pawang

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
  :

Komentar

Trubus.id -- Dalam mencari dua ekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrea) yang berkeliaran dan sempat memangsa seorang pekerja di areal perkebunan sawit, Kabupaten Indragiri Hilir, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mendatangkan pawang harimau dari Provinsi Aceh.

Upaya ini dilakukan juga sebagai salah satu tindakan ini untuk menyelamatkan harimau sumatera tersebut.

"Segala upaya ini kita lakukan untuk menyelamatkan manusia dan satwa itu sendiri," iya Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, di Pekanbaru, Selasa (13/2).

Diketahui, pawang harimau bernama Sarwani itu saat ini telah berada di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir. Di lokasi tersebut, dua harimau sumatera betina yang dinamai BKSDA Riau bernama Boni dan Bonita ini diperkirakan masih berkeliaran bebas. 

Hari ini, menjadi hari ke-42 harimau itu berada di areal perkebunan sawit milik PT Tabung Haji Indo Plantantion. 

Baca Lainnya : Awas, Harimau Pemangsa Manusia Ini Masih Berkeliaran di Kebun Sawit

Sejauh ini, tim penyelamat harimau telah melakukan berbagai upaya untuk menangkap keduanya, seperti memasang enam unit perangkap berisi kambing dan babi hutan, namun belum berbuah hasil.  Tim gabungan dari BBKSDA Riau, Polres Inraguri Hilir serta lembaga pegiat satwa dilindungi juga turut melacak raja rimba itu dengan memasang delapan kamera pengintai. 

"Dari sisi teknik, sudah kami lakukan. Intinya kami berpedoman pada peraturan dalam mengatasi konflik satwa dan manusia. Sekarang kami datangkan Pak Sarwani. Informasinya beliau adalah pawang harimau," lanjutnya. 

Di sisi lain, ketua tim penyelamat harimau, Mulyo Hutomo, mengatakan, kedua harimau sumatera tersebut diduga kuat telah mengalami perubahan perilaku. 

"Dari yang kami temukan, harimau ini mengalami in-habituasi. Perilakunya berubah, dari awalnya menghindari manusia, sekarang justru malah mendekati," paparnya. [NN]

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Longsor di Chongqing, 5 Orang Tewas

by Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: