Bongkar Muat 6 Ton Beras impor Asal Vietnam Ditahan Bea Cukai Merak, Ada Apa?

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
13 Feb 2018   22:30

Komentar
Bongkar Muat 6 Ton Beras impor Asal Vietnam Ditahan Bea Cukai Merak, Ada Apa?

Ilustrasi buruh beras yang sedang melakukan aktivitas bongkar muat (Foto : Trubus.id / Ridwan Syamsu)

Trubus.id -- Kapal MV Vinh Hung yang mengangkut 6 ribu ton beras impor asal Vietnam, telah berada di perairan Selat Sunda sejak Minggu, 11 Februari 2018 lalu. Akan tetapi proses bongkarnya terancam tertunda. Kurang lengkapnya dokumen impor dan persetujuan pengeluaran barang yang belum diterima petugas bea dan cukai yang jadi masalahnya.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Merak menyatakan belum bisa mengizinkan mereka melakukan pembongkaran selama dokumen pemberitahuan impor, dan persetujuan pengeluaran barang dilengkapi.

Baca Lainnya: Beras Impor Asal Vietnam Mulai Tiba di NTT

"Kami menunggu dokumennya lengkap," kata Restu Nugroho, Kepala KPBBC TMP Merak, Cilegon, Selasa (13/2).

Sementara itu, sebanyak 10 ribu ton beras impor asal Vietnam dikabarkan juga sudah tiba di Pelabuhan Tenau Kupang. Beras tersebut kini siap didistribusikan ke masyarakat dalam waktu dekat.

"Sepuluh ribu ton beras tiba di Kupang sejak Senin (12/2) siang. Saat ini, sedang dalam proses pembongkaran," ujar Kepala Bulog Divre Nusa Tenggara Timur Efdal MS.

Proses pembongkaran beras impor diperkirakan memakan waktu hingga 10 hari. Beras yang datang dibagi menjadi dua bagian, yaitu beras premium dan medium.

Baca Lainnya: Pekan Ini 5.500 Ton Beras Asal Thailand Masuk Indonesia

Beras impor tersebut merupakan bagian dari program pemerintah mendatangkan 500 ribu ton beras impor. NTT sendiri kebagian 10 ribu ton.

"Sepuluh ribu ton beras impor itu dibagi menjadi dua bagian, yakni beras premium 5 ribu ton dan beras medium 5 ribu ton," terang Efdal.

Dengan penambahan 10 ribu ton beras, kini jumlah stok beras di NTT mencapai 34 ribu ton, dari total sebelumnya 24 ribu ton. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: