BNPB: Kurang Sumur Resapan, Jakarta Kebanjiran

TrubusNews
Syahroni | Followers 0
16 Feb 2018   09:00

Komentar
BNPB: Kurang Sumur Resapan, Jakarta Kebanjiran

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang perayaan imlek Kamis (15/2), Jakarta diguyur hujan dari pagi hingga malam. Akibatnya, sejumlah titik di Ibu Kota tergenang air.

Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut, drainase perkotaan yang tidak mampu mengalirkan aliran permukaan yang jadi penyebabnya. Dampaknya Sutopo menyebut, 36 kelurahan di seluruh wilayah Jakarta tergenang air. 

Baca Lainnya: Ratusan Pompa Air "Jaga" Jakarta Dari Banjir

"Jakarta makin rentan banjir karena terkait dengan terbatasnya kawasan resapan air," kata Sutopo dalam keterangannya, Kamis (15/2).

Menurutnya dari 85 persen curah hujan yang jatuh di wilayah Jakarta dikonversi menjadi aliran permukaan. Namun hanya sekitar 15 persen yang tertahan di permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah.

Baca Lainnya: Diguyur Hujan Sejak Pagi, 18 Kelurahan di Jakarta Kebanjiran

Karena itulah, Sutopo berharap ke depan semakin banyak dibangun area resapan di DKI Jakarta. Hal ini harus segera dilakukan agar Jakarta bisa terbebas dari genangan.

"Ke depan perlu diperbanyak pembangunan embung, sumur resapan, danau mini, biopori, restorasi anak-anak sungai, taman sebagai resapan air dan lainnya," tambahnya. [RN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: