BNPB: Dalam Status Siaga, Letusan Gunung Agung Tidak Besar

TrubusNews
Syahroni | Followers 0
13 Feb 2018   21:00

Komentar
BNPB: Dalam Status Siaga, Letusan Gunung Agung Tidak Besar

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Selasa (13/2) siang, Gunung Agung kembali meletus dengan tinggi kolom asap dan abu sekitar 1.500 meter. Padahal sebelumnya statusnya baru diturunkan dari Awas (tingkat IV) menjadi Siaga (tingkat III), beberapa hari lalu.

Meski demikian, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Bali tetap dalam kondisi aman.

Baca Lainnya: Status Turun, Gunung Agung Meletus Lagi

"Aktivitas masyarakat berjalan normal. Tidak ada dampak merusak dan penerbangan dari erupsi. Gunung api dengan status Siaga dapat meletus kapan saja, tetapi letusannya tidak besar," ujar Sutopo dalam siaran persnya, Selasa (13/2) petang.

Terakhir Gunung Agung meletus terjadi 2 Januari silam. Saat itu Gunung Agung melontarkan abu setinggi 1.500 meter. Menurut BNPB, letusan itu berlangsung 140 detik.

"Tidak ada letusan susulan. Status tetap siaga dengan zona berbahaya di dalam radius 4 kilometer dari puncak kawah," jelas Sutopo.

Baca Lainnya: Akses Jalan Rusak, Pengungsi Gunung Agung Enggan Kembali ke Rumah

Sutopo menghimbau masyarakat tidak panik. Pasalnya jika Gunung Agung akan meletus besar, pasti ditandai dengan tanda-tanda alam yang masih terus dipantau pihaknya. Selain itu, peralatan canggih juga sudah disiapkan untuk memberikan peringatan dini.

"PVMBG telah memasang peralatan canggih di Gunung Agung sehingga dapat memberikan peringatan dini kepada masyarakat," tutup Sutopo. [RN] 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: