Beras Impor 500 Ribu Ton Tidak Langsung Dilepas ke Pasar

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
19 Jan 2018   13:30

Komentar
Beras Impor 500 Ribu Ton Tidak Langsung Dilepas ke Pasar

Beras bulog (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumajakti memastikan beras impor sebanyak 500 ribu ton tidak akan langsung dilepas ke pasar. Beras hanya akan dilepas ke pasar melalui keputusan rapat koordinasi terbatas (rakortas) di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 

"(Beras impor) ini gak boleh dilepas ke pasar dulu kecuali atas keputusan rakortas, nanti gaduh, impor itu untuk penguatan stok, kapan melepasnya, kalau rakortas sudah memutuskan dipimpin Menko (Darmin) dengan beberapa menteri terkait," jelas Djarot di DPR.

Kedatangan 500 Ribu ton beras impor dari Tahiland dan Vietnam akan disimpan di gudang Bulog. Djarot memastikan beras aman ditempat penyimpanan dengan teknologi milling.

Baca Lainnya : Bulog Tambah Gudang Untuk Kedatangan Beras Impor 500 Ribu Ton

Saat ini pihaknya sudah menutup pendaftaran proses lelang perusahaan eksportir beras dari empat negara asal. Selanjutnya peserta akan melalui tahap seleksi administrasi. "Kita seleksi apakah betul dia perusahaan benar, bagaimana profil perusahaan, performa ekspornya, setelah itu seleksi perusahaan yang memenuhi syarat administrasi," katanya.

Kemudian, Djarot melanjutkan, perusahaan tersebut akan memberikan indikator harga yang bisa dikirimkan dari situ baru dilakukan bidding.

"Setelah bidding bisa sebulan masalahnya ini mau percepatan. Tapi kalau semua langsung datang itu susah, (tapi) diupayakan, kan itu sudah diluar kewenangan saya. (Sebab) beras ratusan ribu ton itu banyak," ucapnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: