Bambang Ismawan, Raih Global Business & Interfaith Awards 2018 di Korea

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
08 Mar 2018   17:45

Komentar
Bambang Ismawan, Raih Global Business & Interfaith Awards 2018 di Korea

Bambang Ismawan, founder Bina Swadaya (Foto : Foto: Trubus.Id/ Wilona Octora)

Trubus.id -- Religious Freedom & Business Foundation yang bekerja sama dengan platform United Nations Global Compact Business for Peace (B4P), Global Compact Network Korea dan Aliansi Peradaban Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan penghargaan pada Bambang Ismawan, pendiri Bina Swadaya.

Penghargaan ini diberikan kepada Bisma (sapaan akrabnya) hari ini, Kamis (8/3) di Seoul, Korea Selatan, sehari sebelum pembukaan Paralimpiade Musim Panas 2018 di PyeongChang.

2018 Global Business & Interfaith Awards memilih Bisma sebagai penerima Gold Winner dalam kategori "Partnership and collective action".

Baca Lainnya: Bambang Ismawan: Semua Petani di NKRI Kami Berdayakan

Penghargaan tersebut dimaksudkan untuk mendukung PBB dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan mempromosikan masyarakat yang damai dan inklusif, memberikan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi yang efektif, bertanggung jawab dan inklusif di semua level.

Bambang Ismawan mendirikan Bina Swadaya sejak tahun 1967. Melalui 14 perusahaan dan lembaga pelatihannya Bina Swadaya telah membantu sekitar satu juta organisasi berbasis masyarakat di Indonesia. 

“Pasti apa namanya, merasa surprise karena saya tidak bisa hadir kesana, bahwa mereka tetap memperhatikan dan menilai secara objektif. Para juri itu luar biasa, saya merasa surprise banget”, kata Bisma setelah dinyatakan menerima penghargaan.

Bambang Ismawan : Bambang Ismawan Bicara Soal Ekonomi Solidaritas Sosial di Universitas Matana

Menurutnya, penghargaan yang diterimanya sangat luar biasa karena melihat berdasarkan fakta. Data dan fakta yang dikumpulkan oleh penyelenggara membuktikan, bahwa selama ini Bina Swadaya memang kuat memberikan dampak sosial pada masyarakat. 

Bambang Ismawan mengungkapkan apa yang dilakukan Bina Swadaya selama ini memang luar biasa. “Kehadiran Bina Swadaya dengan melakukan pendampingan dan pelatihan pada masyarakat pelaku usaha mikro memang luar biasa. Itu satu juta kelompok yang kami dampingi, yang berarti 25 juta keluarga, dan 25 juta keluarga kurang lebih mencapai 100 juta jiwa”, jelasnya. 

Lebih lanjut, Bambang Ismawan mengatakan kekuatan Bina Swadaya selama ini adalah kerjasama dengan lembaga lain seperti pemerintah, swasta, bahkan tidak terbatas pada satu golongan suku maupun agama. “Yang terpenting masyarakat itu terlayani dengan baik, karena kerjasama-kerjasama yang solid.” katanya. 

Selain Bambang Ismawan, perwakilan dari Indonesia yang juga mendapatkan penghargaan adalah Haidar Bagir yang meraih Silver Winner katagori Core Business, dan Sumartono Hadinoto memperoleh Bronz Winner katagori  Advocacy & Public Policy Engagement. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: