Ilustrasi (Istimewa)

Anies: Angka Kematian Akibat Kanker di Jakarta Masih Tinggi

Trubus.id -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, angka kematian akibat penyakit kanker di wilayah DKI Jakarta saat ini masih cukup tinggi.

Untuk itu ia pun mengajak seluruh warga Jakarta agar rajin mengecek kesehatan salah satunya ke puskesmas. Apalagi saat ini ia menyebut Puskesmas di Jakarta sudah dilengkapi alat pendeteksi kanker. 

Baca Lainnya: Pria Ini Memilih Hidup Tanpa Perut Daripada Tersiksa Kanker

"Pada 2017, kanker menyebabkan 3.500 atau sekitar 14 persen kematian di Jakarta. Ironisnya, kanker sering sekali ditemukan pada stadium lanjut," ujar Anies dalam sambutan di peringatan hari kanker di Kota Tua, Jakarta, Selasa (13/2).

Terkait dengan hal ini, Anies mengajak warga untuk tidak ragu memeriksakan kesehatannya di puskesmas. Ia mengatakan, beberapa puskesmas di Jakarta saat ini telah dilengkapi fasilitas untuk mendeteksi kanker dan alat lain untuk menunjang penanganan dini penyakit ini. 

Baca Lainnya: Ajaib, 3 Jenis Jamur Ini Bisa Cegah Kanker Loh

"Dinas Kesehatan sudah melakukan pelatihan deteksi dini di beberapa puskesmas. Beberapa puskesmas kita sudah memiliki alat kreoterapi. Hasil tes IVA positif dapat juga dilaksanakan di puskesmas," tambahnya.

Dalam sambutannya di peringatan hari kanker ini, Aneis berpesan agar momen hari kanker ini tidak digelar sekedar seremonial. Untuk ia meminta warga agar semakin waspada dengan penyakit mematikan tersebut. [RN] 



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

22%

Terinspirasi

22%

Bangga

11%

Sedih

11%

Kaget

11%

Takut

11%

Marah

11%

KOMENTAR ANDA