Komodo. (Foto: Pixabay/ Joseph82)

Agar Komodo Tidak Stres, Wisatawan TNK Akan Dibatasi, Mulai Kapan?

Trubus.id -- Tingkat stres hewan bisa meningkat jika terlalu sering berjumpa dengan manusia. Hal yang sama juga bisa terjadi pada reptil raksasa sperti komodo. Karena itulah, Balai Taman nasional Komodo (TNK) berencana mengurangi jumlah wisawatan yang datang ke sana. 

Namun Kepala Balai TNK, Budi Kurniawan mengatakan, rencana pembatasan jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai titik dalam kawasan wisata TN Komodo masih menunggu hasil kajian selesai terlebih dahulu.

Baca Lainnya: Waduh, 650 Kilogram Sampah Berceceran di Pulau Komodo Tiap Hari

"Kami sedang mengkaji daya dukung berbagai lokasi dalam kawasan wisata komodo, itu untuk menentukan tingkat toleransi sumber daya alam yang ada terhadap jumlah kunjungan wisatawan," ujar Budi, saat dihubungi awak media, Senin (16/4).

Langkah ini ditempuh otoritas Taman Nasional Komodo untuk mencegah timbulnya stres komodo karena dampak banyaknya kunjungan wisatawan yang datang. Selain itu juga untuk melindungi keanekaragaman hayati yang ada di sana.

Kajian daya dukung sendiri dilakukan di lebih dari 40 lokasi wisata yang berada di dalam kawasan wisata TN Komodo. 11 di antaranya sudah dikaji dan teridentifikasi WWF, khususnya untuk lokasi wisata selam.

Kajian tersebut diharapkan selesai pada tahun ini, sehingga otoritas terkait bisa mengeluarkan kebijakan unjuk menata jumlah arus wisatawan yang berkunjung ke berbagai lokasi.

Baca Lainnya: Wow, Pendapatan Wisata Pulau Komodo Jadi 27 Miliar Rupiah di Tahun 2017

"Ya nanti dari hasil kajian ini akan muncul angkanya, di titik tertentu maksimal per hari boleh berada orang," imbuhnya.

Budi menuturkan, bukan tidak mungkin pada saat tertentu karena pertimbangan pemulihan ekosistem, maka kawasan destinasi tertentu bisa ditutup. Itu dimaksudkann agar eksistensi komodo tidak terancam, karena keberlangsungan hidupnya sangat tergantung pada dukungan alam. [RN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

0%

Bahagia

6%

Terinspirasi

12%

Bangga

18%

Sedih

12%

Kaget

12%

Takut

18%

Marah

24%

KOMENTAR ANDA