Ilustrasi (Foto: Istimewa)

3 Pemuda Solo Ciptakan Medsos Pesaing Facebook

Trubus.id -- Tiga pemuda asal Kota Solo berhasil menciptakan sebuah aplikasi media sosial yang diberi nama 'Oorth' yang diklaim sesuai dengan budaya Indonesia.

Krishna Adityangga, salah satu penginisiasi aplikasi Oorth mengatakan, di medsos baru ini menggali unsur budaya lokal dan mampu bersaing dengan aplikasi buatan luar negeri yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp.

"Ketika membuka aplikasi ini, penggunanya dapat merasakan budaya lokal Indonesia," ucap Krishna.

Mulyono Herman dan Dewanggono Mulyo, pencipta aplikasi Oorth lainnya menambahkan, diciptakannya aplikasi ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat atau komunitas terhadap terkait fenomena sosial di Indonesia, seperti Gerakan Koin Peduli Prita, Gerakan Komunitas Jalin Merapi, dan fenomena-fenomena lainnya.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi ini, Krishna menjelaskan, harus mengunduh lebih dulu melalui websitewww.oorth.id, dan menginstalnya dengan cara membuka file manager kemudian klik pilihan instal.

"Kami berharap masyarakat dengan pengenalan Oorth dalam versi beta ini, pengguna dapat mengenal aplikasi dalam fungsi dasarnya terlebih dahulu, sebelum mereka waktu dekat bisa mengunduh di fitur google playstore," jelasnya.

Aplikasi Oorth, lanjut Krishna, memiliki empat fitur unggulan, yakni Chat, Stream, Donasi, dan Digital Wallet.

Empat fitur tersebut, kata dia, dapat menjawab tentang kearifan lokal dalam bermedsos, yakni memaksimalkan budaya bertegur sapa melalui fitur Chat, memudahkan dalam mengakses informasi dan kabar terbaru melalui fitur Stream.

Sedangkan fitur Digital Walet memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara transparan dan realtime serta memfasilitasi upaya penghidupan aktivitas sosial dalam komunitas, seperti kegiatan penggalangan donasi dan penyelenggaraan kampanye sosial melalui fitur Donasi.

Mengenai penggunaan nama Oorth di aplikasi ini, kata Krishna lagi, artinya menggabungkan galaksi, juga representasi perusahaannya yang bertujuan menguasai pasar dunia atau global, tidak hanya terbatas di kawasan lokal saja. [AS]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

9%

Bahagia

9%

Terinspirasi

13%

Bangga

19%

Sedih

13%

Kaget

9%

Takut

22%

Marah

6%

KOMENTAR ANDA