Kota Padang Upayakan Ketersediaan Air Bersih Dengan Penanaman Pohon di Hulu

TrubusNews
Ihsan Maulana
23 April 2018   12:00 WIB

Komentar
Kota Padang Upayakan Ketersediaan Air Bersih Dengan Penanaman Pohon di Hulu

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat saat ini terus mengupayakan menjaga ketersediaan air di daerah perbukitan untuk mencegah terjadi banjir dan tanah longsor.

"Upaya yang kami lakukan adalah dengan menanam pohon yang mampu menjaga keseimbangan air di hulu, dan melalui PDAM untuk memelihara pemanfaatan air," ujar Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel, di Padang, Senin (23/4).

Sampai saat ini, pihaknya mengorientasikan penanaman tumbuhan produksi dalam menjaga ketersediaan air di hulu, atau daerah tangkapan. Contohnya seperti di Pauh dan Koto Tangah, tanaman perkebunan jenis buah-buahan yang dipilih.

Baca Lainnya: Siap-siap, Sidak Air Tanah Pada Gedung di Jakarta Tahap 2 Akan Dilakukan

Langkah itu disebutnya memiliki dua keuntungan, yakni memelihara daerah tangkapan air sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Adanya tanaman produksi, menyebabkan masyarakat dapat memetik hasilnya, serta membantu pendapatan ekonomi.

Kemudian, langkah tersebut memotivasi warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai dan hulu, untuk tidak menebang pohon.

"Sebelumnya kami dengan pihak ketiga, telah membagikan beragam bibit kepada masyarakat di sekitar hulu untuk ditanam," lanjut Asnel.

Baca Lainnya: Keren, Balai Kemenperin Ciptakan Reaktor Pengolah Air Limbah 'Ramah IKM'

Pemerintah melalui PDAM, juga berupaya mengoptimalkan pemanfaatan air bersih yang bersumber dari hulu. Diharapkan, PDAM bisa mengelola air dengan baik terutama untuk kesejahteraan masyarakat.

Bahkan bila perlu, PDAM juga bisa menuntaskan persoalan warga yang tidak memiliki akses air bersih, atau warga yang masih menggunakan wc umum untuk keperluan sehari-hari.

Di sisi lain, Direktur Utama PDAM Padang, Edwar menyebutkan jika ketersediaan air di hulu sangat penting untuk kepentingan hidup warga. Ia mengungkapkan, dengan masih banyaknya perambahan lahan di hulu seperti saat ini, ikut andil dalam mengurangi pasokan air bersih. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: