Jelang Ramadan Hingga Lebaran, Satgas Pangan Perketat Pengawasan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
20 April 2018   20:30

Komentar
Jelang Ramadan Hingga Lebaran, Satgas Pangan Perketat Pengawasan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang Ramadan yang akan tiba pertengahan Mei mendatang, Tim Satuan Tugas (satgas) Pangan mulai perketat pengawasan terkait keberadaan stok kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional. Pengawasan ini akan terus ditingkatkan hingga Idul Fitri 2018 tiba.

Saat ini, Satgas Pangan telah memulai sejumlah persiapan dan berkoordinasi dengan para skateholder di dalamnya. Hal itu disampaikan Kepala Satgas Pangan, Setyo Wasisto.

Baca Lainnya: Kemendag: Harga Beras Sebelum Ramadan Harus di Bawah HET

Ia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengudang sejumlah skateholder terkait untuk membahas sejumlah komoditas strategis menjelang Bulan Suci Ramadan.

“Saya yakin Ramadan sampai Lebaran tahun ini kelonjakan harga tidak terlalu tinggi,” ucapnya di Jakarta, Jumat (20/4).

Selain itu, Satgas Pangan juga meminta media turut mengawal dan memantau harga selama Ramadan hingga Idul Fitri. Dengan begitu, Satgas Pangan akan lebih mudah melakukan pengawasan.

“Jika terjadi kenaikan harga di pasar tertentu, misalnya Pasar palmerah, besoknya kami akan langsung meninjau lokasi,” paparnya.

Tim Satgas Pangan juga nantinya akan meninjau secara langsung distribusi pasokan pangan.

“Tim akan melakukan evakuasi dan mengumpulkan data mulai sekarang, tiap hari kami terus melakukan evaluasi dari mulai gula sampai beras,” ujar Setyo.

Baca Lainnya: Jelang Ramadan, Satgas Pangan Pantau 11 Harga Komoditas Pokok

Namun demikian, Setyo menegaskan, Satgas Pangan tidak akan bekerja sendiri. Pihaknya akan dibantu oleh seluruh stakeholder Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, KPPU dan semua lembaga terkait.

“Tim akan selalu memantau stok, jika stok aman, rantai distribusi juga akan lancar, jadi tidak akan ada penyimpangan di tingkat konsumen karena lonjakan harga,” tutup Setyo. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: