Tangani Sampah Laut, Indonesia dan Bank Dunia Jalin Kerja Sama

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
20 April 2018   17:30

Komentar
Tangani Sampah Laut, Indonesia dan Bank Dunia Jalin Kerja Sama

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/ aitoff)

Trubus.id -- Belum lama ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri pertemuan dengan Vice President Sustainable Development Bank Dunia, Laura Tuck dan perwakilan negara lainnya dalam "Close Door Event: Towards Blue Economy" di Washington, AS.

Dalam kesempatan itu, Luhut mengutarakan keseriusan pemerintah dalam mengambil langkah hukum para para pelaku pembuang sampah ke lautan.

Baca Lainnya: Berani Buang Sampah di Laut, Siap-siap Hadapi Sanksi Hukum

Selain langkah pencegahan tadi, pemerintah, lanjut Luhut, juga mengambil langkah penanganan yang bekerja sama dengan tim Bank Dunia.

Dalam keterangan persnya, Jumat (20/4), Luhut mengatakan, kerja sama ini untuk meningkatkan sistem manajemen pembuangan sampah di daerah pesisir di selatan Jawa, Sumatera Selatan, Kalimantan dan Sulawesi.

Selanjutnya, pemerintah akan memasang perangkap di mulut sungai sehingga dapat menghentikan aliran sampah menuju laut. Adapun pendekatan komprehensif dan holistik sistem manajemen pembuangan akan dikembangkan sebelum akhir tahun sehingga dapat dianggarkan untuk 2019.

Luhut juga melakukan diskusi mengenai masalah sampah laut dengan Ocean Caucus Cochair Senator Dan Sulivan dan Senator Sheldon Whitehouse.

Baca Lainnya: 80 Persen Sampah Laut Berasal dari Daratan

Indonesia mendapatkan dukungan dari kedua senator dan berjanji akan menyampaikan masalah ini kepada pihak terkait di Amerika.

Selain itu, Luhut juga mendiskusikan masalah yang sama dengan anggota kongres Don Young yang akan menyediakan waktu datang ke Indonesia untuk mendiskusikan lebih rinci soal hal tersebut. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: