Malaysia Tertarik Tiru Program Dana Desa RI

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
18 April 2018   10:30

Komentar
Malaysia Tertarik Tiru Program Dana Desa RI

Ilustrasi dana desa (Foto : Graphic: Trubus.id/Qisthy Muliawan)

Trubus.id -- Program dana desa yang dijalankan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ternyata menjadi perhatian sejumlah negara sahabat seperti Malaysia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo.

Ia mengatakan, dengan dilakukannya program dana desa banyak perubahan yang terjadi di desa baik dari segi infrastruktur, pendidikan, dan masih banyak manfaat lainnya yang dirasakan desa-desa.

“Ternyata perubahan ini juga turut menjadi perhatian dan ditinjau langsung oleh beberapa negara diantaranya kawasan Asia Pasifik,” ujar Eko baru-baru ini di Jakarta.

Baca Lainnya: Dana Desa Berpotensi Bangkitkan Sektor Wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow

Lebih lanjut Mendes mengungkapkan, setidaknya ada 13 negara akan mengusulkan ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa untuk mewajibkan seluruh negara berkembang menerapkan program dana desa.

Seperti yang dilakukan oleh Malaysia, belum lama ini negara tetangga tersebut mengirim delegasinya ke Indonesia guna mendalami secara langsung implementasi program dana desa di tanah air.

"Menteri Kemajuan Luar Bandar Malaysia datang langsung ke Indonesia dan telah mengirimkan puluhan delegasinya untuk belajar program dana desa. Padahal desa-desa di Malaysia itu lebih maju daripada desa-desa di Indonesia. Saya beberapa kali juga diminta untuk berbagi dan berdiskusi terkait program dana desa dengan sejumlah negara," sambung Eko.

Baca Lainnya: Dalam 10 Tahun Dana Desa Buka Lapangan Kerja Hingga 100 Juta Angkatan Kerja di Desa

Meski program dana desa telah diakui dunia, Eko mengatakan masih ada beberapa pekerjaan yang harus segera diselesaikan guna membangun desa di Indonesia lebih maju dan mandiri.

Untuk itu, pihaknya turut mengajak partisipasi para mahasiswa untuk membantu membangun serta memberdayakan desa menjadi lebih mandiri dan meningkatkan roda perekonomian warga desa. Pemerintah telah menyalurkan dana desa dana desa dalam empat tahun terakhir sebanyak Rp187 triliun.

Hingga 2018 ini, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 60 triliun ke 74.957 desa. Hingga kini, data menunjukkan capaian pembangunan desa semakin terlihat nyata. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait