Jangan Buang Barang Kuno, Mungkin Artefak Sejarah Senilai Rp 8 M

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
14 April 2018   17:00

Komentar
Jangan Buang Barang Kuno, Mungkin Artefak Sejarah Senilai Rp 8 M

Benda artefak kuno (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Barang-barang kuno sering diabaikan karena dinilai tak berharga, padahal bisa jadi barang tersebut adalah artefak sejarah yang bernilai miliaran rupiah.

Baru-baru ini sebuah benda kuno berbentuk teko, alat untuk menyimpan air ditemukan di sebuah rumah sederhana di Kent, Inggris.

Benda yang terbuat dari perunggu ini ditemukan bersama tiga benda lainnya. Ternyata benda-benda tersebut adalah warisan dinasti Qing.

Artefak Tiongkok kuno yang dijarah oleh tentara Inggris ini dijual di lelang di Inggris dengan harga yang fantastis. Benda antik yang mirip dengan teko untuk menyimpan air itu laku seharga sekitar 8 miliar rupiah.

Baca Lainnya: Hujan Deras Ungkap 75 Artefak Kuno di Irak

Namun pejabat China memprotesnya.Pejabat tersebut mengatakan, artefak itu secara ilegal dirampok dari negara mereka.

Tempat air perunggu itu dibuat antara tahun 2.200 sampai 3.600 tahun yang lalu.  Saat itu tentara Inggris  mengambilnya di  Yuanming Yuan pada tahun 1860.

Dengan bentuknya yang antik, benda yang disebut sebagai Tiger Ying ini hanya dibuat 6 buah dan lima diantaranya berada di museum. Namun kelimanya tidak ada yang berbentuk harimau.  

Rumah lelang, Galeri Lelang Canterbury, mengatakan, sebuah surat ditemukan bersamaan dengan artefak. Surat itu ditulis oleh seorang kapten Angkatan Laut Kerajaan kepada keluarganya. Kapten tersebut merinci barang-barang apa saja yang telah ia kumpulkan yang ia temukan di dalam istana. 

Pemerintah China mendesak rumah lelang tersebut untuk membatalkan penjualan dan mematuhi semangat konvensi internasional.

Namun ara pelelang cuek. Mereka mengatakan, tidak akan mengomentari permintaan pihak China. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: