Uni Eropa Kekeh pada Resolusi CPO, JK Ancam Balik

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
12 April 2018   06:00

Komentar
Uni Eropa Kekeh pada Resolusi CPO, JK Ancam Balik

Pohon sawit (Foto : Foto: Antara)

Trubus.id --  Parlemen Uni Eropa akan memberlakukan resolusi sawit yang otomatis memberhentikan keran minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/ CPO) Indonesia pada 2021. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun angkat bicara dan ingatkan Uni Eropa untuk tidak diskriminatif dalam masalah perdagangan.

“Artinya kita ingatkan Eropa, selama ini  kita adalah konsumen terbesar Airbus oleh maskapai penerbangan Lion Air, dan  Garuda Indonesia. Karena itu jangan berlaku diskriminatif. Karena kita bisa mengambil kebijakan yang sama,” ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Rabu (11/4).

Untuk menghadapi hal tersebut,  JK menyebut pemerintah akan menempuh jalur negosiasi. “Negosiasi. Kita juga ada pertemuan RI dengan Eropa, perjanjian free trade,” ujarnya.

Baca Lainnya: Ada Kampanye Hitam Minyak Sawit Indonesia di Eropa, Mentan Minta Tolong PBB

Dia pun menyebut, dalam negosiasi yang sudah ditempuh ada syarat yang sulit dipenuhi baik permintaan dari pemerintah Indonesia maupun keinginan negara yang terlibat kerjasama.

“Seperti Australia soal sapi, lama itu. Kita bebaskan masalah dalam negeri kita bebaskan, mereka juga yang kita butuh,” terangnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan siap meladani perang dagang tersebut. Pemerintah tidak akan bersikap defensif terkait isu tersebut. Pemerintah akan membalas perang dagang dengan menyetop impor beberapa produk dari Eropa.

Hal itu ditempuh karena penghentian impor CPO oleh UE akan berdampak pada produk turunan olahan dari minyak sawit mentah. Di sisi lain, CPO masih mendominasi ekspor Indonesia dengan persentase di atas 12% dari total perdagangan ke luar negeri. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: