Peringati Hari Nelayan Nasional, 26 Kapal di Bengkulu Gelar Parade Tolak Trawl

TrubusNews
Syahroni
06 April 2018   21:30 WIB

Komentar
Peringati Hari Nelayan Nasional, 26 Kapal di Bengkulu Gelar Parade Tolak Trawl

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional, ratusan nelayan di Kota Bengkulu menggelar parade dengan kapal mereka. Dalam aksinya, mereka menyuarakan keluhannya terhadap keberadaan kapal trawl yang masih berakivitas di perairan tempat mereka mencari ikan. 

Sekitar 26 kapal berangkat dari Kelurahan Malabero, Kota Bengkulu memulai parade di Samudera Hindia, Jumat (6/4). Antusias masyarakat cukup tinggi dalam parade. Tak hanya nelayan, ibu-ibu dan anak-anak juga terlibat dalam parade itu.

"Ini merupakan peringatan Hari Nelayan Nasional. Kita dan semua nelayan bersepakat untuk menjaga lingkungan laut dan meninggalkan alat tangkap trawl," kata koordinator parade, Kelvin Aldo. 

Baca Lainnya: 1.300 Nelayan Indonesia Bertekad Selamatkan Terumbu Karang

Kelvin menyebut, nelayan merupakan salah satu aset nasional dalam menunjang perekonomian nasional yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Namun sayangnya, setelah 57 tahun Hari Nelayan Nasional digagas, para nelayan di Indonesia, termasuk di Bengkulu masih jauh dari kata sejahtera.

Kondisi ini terjadi lantaran pemerintah disinyalir lambat menertibkan kapal dengan alat tangkap yang sudah dilarang. Belum lagi, menurunnya sumber daya laut dan alat tangkap seadanya yang dimiliki mereka, semakin memperburuk keadaan nelayan di Bengkulu. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: