Makin Langka, Garut Tanam 900 Bibit Bambu

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Mar 2018   12:30 WIB

Komentar
Makin Langka, Garut Tanam 900 Bibit Bambu

Penanaman bambu (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Keberadaan pohon bambu yang mulai langka, membuat salah satu lembaga pengelola dana masyarakat Sinergi Foundation di Garut melakukan penanaman 900 bibit bambu di Gunung Pabeasan Desa Putrajawa Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut.

Kegiatan penanaman bibit bambu juga turut dihadiri Direktur Sinergi Foundation Ima Rachmalia, Rabu (28/3). Dalam kesempatan itu ia mengatakan, Sinergi Foundation memiliki tugas sebagai pengelola dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf untuk kepentingan umat.

Salah satu program yang dijalankan yakni mengajak masyarakat untuk menanam bambu. Hal ini karena selain minimnya pembudidaya bambu saat ini, namun juga melihat potensi yang luar biasa dari tanaman bambu di Garut.

“Kami punya program yang namanya lumbung desa, dan karena potensinya cukup besar, kami menemui ahli bambu untuk melihat dari segi ekonomi dan ekologinya, seperti bambu ini dapat mendatangkan sumber-sumber air, jadi kami tertarik untuk mengembangkan tanaman ini,” ucapnya.

Awalnya, Sinergi Foundation berencana hanya turun tangan dalam proses pembibitan. Tapi, Sinergi Foundation memperluas cakupan untuk ikut serta dalam pembudidayaannya serta pemanfaatan nantinya dari segi nilai ekonominya.

“Tanaman bambu kan memiliki keunikan, pola tanam dan di mana tanamnya juga perlu diperhatikan, nah banyak masyarakat kan belum mengetahui, kami juga melibatkan para petani,” tuturnya.

Menurutnya pembudidaya bambu harus ditambah, karena sebagian besar kerajinan tangan asli Jawa Barat berbahan dasar bambu, sehingga pelestariannya perlu ditingkatkan.[NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Akuaponik

Inovasi   06 Agu 2020 - 14:10 WIB
Bagikan:          
Bagikan: