Ini Kata Gubernur DKI Jakarta Soal Lautan Busa di KBT Marunda

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Mar 2018   18:00 WIB

Komentar
Ini Kata Gubernur DKI Jakarta Soal Lautan Busa di KBT Marunda

Penampakan busa di KBT Marunda (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sudah beberapa hari belakangan, lautan busa memenuhi kali Kanal Banjir Tinur di Marunda, Jakarta Utara. Melihat kondisi ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhirnya angkat bicara.

Anies mengungkapkan, ada beberapa faktor pemicu lautan busa yang memenuhi Kanal Banjir Timur (KBT) di Marunda. Salah satunya akibat grojokan air.

“Lautan busa yang memenuhi permukaan akibat ketika beda tinggi muka air di pintu air KBT dengan muara laut muncul sehingga terjadi grojokan air sehingga memunculkan banyak busa. Kondisi ini juga telah diteliti oleh Dinas Lingkungan Hidup,” jelas Anies di Danau Sunter Barat, Jakarta Utara, Sabtu (24/3).

Baca Lainnya: Kali BKT Marunda Dipenuhi Limbah 'Salju', Bahaya Enggak Tuh?

Anies juga menyebut selain beda tinggi antara pintu air di KBT dengan muara laut, busa juga berasal dari limbah detergen rumah tangga.

“Di KBT Marunda juga memiliki dua fungsi, satu untuk mengalirkan air hujan dari hulu, satu untuk saluran limbah rumah tangga yang ditemukan banyak busa dari detergen,” tutur Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan jika laporan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan limbah industri. Dikatakan Anies karena di wilayah Marunda bukan merupakan kawasan pusat industri.

“Ketika busa diteliti, ternyata berasal dari limbah detergen rumah tangga,” tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: