Awas, Gunung Agung Kembali Erupsi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Mar 2018   10:15

Komentar
Awas, Gunung Agung Kembali Erupsi

Gunung Agung kembali erupsi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan informasi bahwa Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali kembali mengalami erupsi. Ketinggian abu yang dikeluarkan oleh Gunug Agung membumbung setinggi 800 meter.

Kepala Pusat PVMBG, Kasbani membenarkan bahwa Gunung Agung kembali alami erupsi Minggu, (11/3) sekitar pukul 23.32 WIB. Kasbani menegaskan, bahwa letusan dengan tinggi 800 meter dari puncak gunung berwana putih dan kelabu. Abu vulkanik tersebut condong mengarah ke timur.

“Benar semalam Gunung Agung kembali meletus. Sebelumnya status Gunung Agung berada dilevel III memang masih berpotensi mengeluarkan erupsi,” ungkapnya di Bali, Senin (12/3).

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa ketika erupsi terjadi Gunung Agung menghasilkan gempa letusan terjadi satu kali dengan tremor harmonik ada 2 kali, vulkanik dangkal terjadi 2 kali, vulkanik dalam terjadi 1 kali, serta tektonik jauh terjadi satu kali.

Ia juga menyebut hingga pagi seluruh masyarakat dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di dalam radius empat kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung. Selain itu, masyarakat yang tinggal disekitar aliran sungai hulu Gunung Agung harus meningkatkan waspada karena dikhawatirkan terjadi lahar dingin.

Kasbani mengungkap, pihaknya terus berupaya melakukan pengamatan hingga saat ini.

“Pada pukul 06.00 WITA asap kawah bertekanan lemah masih teramati setinggi 200 meter dari atas puncak kawah,” ungkapnya. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: