Cuaca Buruk, Hujan Es dan Puting Beliung Menerjang Sulawesi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
28 Feb 2018   10:30

Komentar
Cuaca Buruk, Hujan Es dan Puting Beliung Menerjang Sulawesi

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Akibat cuaca buruk beberapa hari belakangan ini, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dilanda angin puting beliung disertai hujan es. Kejadian tersebut tepatnya terjadi di sekitar Danau Tempe, Selasa (27/2) sekitar pukul 16.30 WITA.

Puting beliung yang terjadi dikategorikan sebagai belalai air atau yang dikenal dengan nama waterspout. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo Andi Alamsyah, Rabu (28/2).

Ia mengungkapkan bahwa sedikitnya tiga kecamatan merasakan turunnya hujan es. Tiga kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Tempe, Sabbangparu, dan Tanasitolo.

Dari ketiga kecamatan tersebut, Kecamatan Tempe merupakan wilayah yang paling parah terdampak hujan es yang jarang terjadi di Indonesia. Akibatnya, terjadi  kepanikan warga di wilayah tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha, turut berkomentar. “Fenomena ini dinamakan waterspout, di mana angin puting beliung mencapai dasar permukaan air,” ungkap Yudha di Makassar, Selasa (27/2).

Lebih lanjut, ia menggambarkan bahwa fenomena ini terjadi dari awan kumolonimbus, yakni sebuah awan vertikal yang menjulang tinggi hingga mencapai ketinggian tropopause atau lapisan awan yang berada paling atas.

Dengan pertumbuhan awan kumolonimbus yang cukup intens, kondisi ini akan menimbulkan hujan deras disertai petir, angin kencang, puting beliung, dan juga hujan es.

“Pembentukan awan kumolonimbus juga dapat disebabkan karena faktor lokal seperti pengaruh orografik (hujan pegunungan), proses konveksi (pemberian panas ke atas), atau faktor regional, yaitu angin monsoon,” paparnya.

Lebih jauh Yudha mengatakan sebentar lagi memasuki musim pancaroba yakni antara Maret hingga April, di mana pada masa-masa musim peralihan berpeluang besar menumbuhkan awan kumolonibus lebih besar lagi. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: