Wujudkan Ketahanan Pangan, Teknologi Pendukung dari BPPT Ini Bisa Banget Diterapkan

TrubusNews
Ihsan Maulana
26 Feb 2018   14:15 WIB

Komentar
Wujudkan Ketahanan Pangan, Teknologi Pendukung dari BPPT Ini Bisa Banget Diterapkan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dalam mewujudkan semangat ketahanan pangan yang tengah digaungkan pemerintah, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) saat ini telah menyiapkan sejumlah teknologi pendukung.

Nantinya, teknologi ketahanan pangan yang difasilitasi pemerintah daerah ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya untuk menambah penghasilan mereka.

Baca Lainnya: Tahun 2018, Kementan Fokus pada Pemantapan Program Badan Ketahanan Pangan

"Sudah ada yang memanfaatkan di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, untuk meningkatkan produktivitas perkebunan," ujar Direktur Pusat Produksi Pertanian BPPT, Arief Arianto Hidayat di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Senin (26/2).

Lebih lanjut Arief menyebut, melalui teknologi tersebut petani diharapkan lebih mandiri, dan pendapatannya bisa meningkat. Salah satu contoh yang sudah diterapkan adalah simbiosis tanaman sawit dengan ternak sapi.

Limbah sawit yang telah diolah dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak. Sedangkan kotorannya berguna untuk pupuk perkebunan.

Baca Lainnya: 2018, Kementan Fokus Lanjutkan Tren Positif Ketahanan Pangan

"Dengan penerapan teknologi seperti itu, selain petani mendapat keuntungan dari tanaman sawit, namun juga mendapat tambahan produksi susu dan daging," paparnya.

Tak hanya itu, BPPT kini juga telah mengembangkan benih ikan nila yang mampu berkembang di berbagai kondisi air yang bisa diterapkan di persawahan.

"Kami juga punya teknologi jagung hibrida yang memiliki usia panen lebih pendek dan tahan terhadap penyakit sehingga mengurangi penggunaan obat/ pestisida," tegasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: