Waspada, Tapanuli Utara Jalur Gempa Aktif di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
26 Feb 2018   12:30

Komentar
Waspada, Tapanuli Utara Jalur Gempa Aktif di Indonesia

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan,  Tapanuli Utara merupakan wilayah yang dilalui jalur gempa aktif.

Peringatan tersebut dikeluarkan setelah Tapanuli Utara diguncang gempa sebanyak dua kali pada Sabtu dan Minggu lalu.

“Wilayah tersebut memang dilalui jalur gempa aktif jadi sering terjadi gempa,” jelas Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnandi di Medan, Senin (26/2).

Baca Lainnya: Gempa Bumi 7,6 SR Guncang Papua Sebanyak Dua Kali

Untuk itu, BMKG masih terus memantau aktivitas gempa di wilayah tersebut hingga saat ini. Syahnandi juga menyampaikan jika meski sering terjadi gempa, namun gempa yang terjadi kebanyakan berskala kecil.

“Untuk selalu memonitoring, kita punya sensor gempa di Tapanuli Utara. BMKG memonitornya dari balai besar yang ada di Medan,” sambungnya.

Ia juga mengatakan, selain Tapanuli Utara, wilayah lain yang rawan terjadi gempa karena berdekatan dengan jalur aktif meliputi Kabupaten Karo dan Deli Serdang.

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat. [KW]

Baca Lainnya: Tapanuli Utara Diguncang Gempa 5,3 SR, Begini Kondisinya

“Kami bergarap bahwa masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan serta selalu mengikuti perkembangan yang dikeluarkan oleh BMKG ataupun BPBD setempat,” tutur Syahnandi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: