Kupang Masifkan BUMdes Demi Bangun Desa

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Feb 2018   18:00 WIB

Komentar
Kupang Masifkan BUMdes Demi Bangun Desa

Diskusi restorasi desa di kantor bina swadaya (Foto : Foto: Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Berawal dari permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Bupati Kupang Ayub Titu Eki ingin mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan potensi lahan yang luas.

Dalam diskusi Restorasi Desa yang digagas Bina Swadaya, melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kupang, Johanis Masneno, mengungkapkan bahwa potensi lahan di Kupang sangat luas. Jika dikelola secara baik dapat menjadi lahan yang produktif.

“Masyarakat harus dipaksa menanam, yang bertujuan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, itu pesan Pak Bupati,” ungkapnya ketika menghadiri diskusi Restorasi Desa di Wisma Hijau, Sabtu, (24/2).

Baca Lainnya: Bupati Kupang Berdayakan Warga dengan Mencipta Taman Eden

Undang-undang desa harus dijalankan di Kupang untuk mendorong sektor pertanian dan peternakan yang dapat bermanfat untuk masyarakat.

“Saat ini banyak warga Kupang yang telah merasakan hasil program tanam paksa yang dilakukan oleh pemerintah,”

Pemberdayaan yang dilakukan oleh Bupati Kupang sangat masif..

“Kami membutuhkan pemberdayaan untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri sehingga pembangunan desa berkelanjutan dapat terus berjalan sesuai dengan keinginan Bupati Kupang,” lanjutnya Johanis.

Selain itu, Bupati juga mendorong semua desa di kabupaten/kota Kupang membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Jadi BUMDes di tingkat desa akan  berkolaborasi dengan BUMDes yang ada di kota menjadi BUMDes bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Usaha yang dilakukan oleh BUMDes di Kupang seperti menjual beras yang bekerja sama dengan Bulog Divre Kupang.

“Meski begitu kami masih mengalami Kendala  untuk dapat menjalankan BUMDes agar diterima oleh seluruh lapisan masyarakat,” tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: