Jelang Asian Games 2018, Equestrian Pulomas Harus Bebas dari Kambing, Sapi dan Kuda

TrubusNews
Syahroni
23 Feb 2018   06:30 WIB

Komentar
Jelang Asian Games 2018, Equestrian Pulomas Harus Bebas dari Kambing, Sapi dan Kuda

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang penyelenggaraan Asian Games yang akan berlangsung 18-2 September 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak akan ada sapi, kambing dan kuda di sekitar arena berkuda (Equestrian) Pulomas, Jakarta Timur.

Untuk itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah meminta semua pihak agar menyingkirkan ke tiga hewan tadi dari kawasan Pulomas selama perhelatan berlangsung.

Baca Lainnya: Jokowi : Jangan Sampai Kebakaran Hutan Ganggu Asian Games

"kami sudah buat edaran karena itu kan harus steril, takutnya ada hewan yang rentan bagi kuda," kata Sefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (22/2).

Dalam edaran tersebut dijelaskan, dalam radius satu kilometer tidak boleh ada kambing, sapi, dan kuda. Sterilisasi kawasan dilakukan karena dikhawatirkan adanya penularan penyakit dari ketiga hewan tadi ke kuda yang akan dilombakan.

Selain soal penyakit, ada pula kekhawatiran terkait Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018, berbarengan dengan pelaksanaan Asian Games 18 Agustus-2 September 2018. Tradisi penyembelihan hewan kurban dikhawatirkan akan membuat kuda di equestrian resah karena mencium bau darah.

Baca Lainnya: Satu Bulan Sebelum Asian Games 2018, Menkes Pastikan Indonesia Bebas Difteri

Sementara itu, Direktur Utama PT Pulomas Jaya, Bambang Mursalin sebelumnya menyebutkan, sertifikat bebas penyakit atau equine disease free zone (EDFZ) dari Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) adalah syarat mutlak untuk penyelenggara perlombaan berkuda.

Sertifikat itu bisa didapatkan dengan memastikan sekitar lokasi sehat dan steril untuk kuda-kuda yang akan dilombakan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bina Swadaya Kritisi UU Kontroversial Cipta Kerja

Peristiwa   24 Nov 2020 - 18:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan: